Dukung Food Estate, Bupati Edy: Pemerintah Kucurkan Rp390 Miliar Lebih

Dukung Food Estate, Bupati Edy: Pemerintah Kucurkan Rp390 Miliar Lebih

PULANG PISAU, MK - Sebagai upaya mendukung program ketahanan pangan nasional atau Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), Pemerintah Pusat mengucurkan dana sebesar Rp390 miliar lebih  untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah program tersebut.

Itu disampaikan H Edy Pratowo, Pulang Pisau kepada awak media ini, Kamis (18/2/2021).

"Ya, atas dukungan dana dari pemerintah pusat ini tentunya kita sangat bersyukur, sehingga dapat mengatasi masalah infrastruktur jalan dan jembatan di kawasan Food Estate," kata Edy begitu sapaan H Edy Pratowo.

Diterangkan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang melalui kucuran dana pemerintah pusat itu, yakni jalan yang menghubungkan Basarang Kabupaten Kapuas sampai Desa Gedabung, Kecamatan Pandih Batu.

"Sebelumnnya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi tugas daerah  menuju daerah kecamatan dan desa itu, kini dibantu melalui program nasional," bebernya.

Kemudian, tambah Edy, nantinya juga akan ada pembangunan jalan baru untuk memperpendek jarak antara Kecamatan Banama Tingang, Bukit Rawi menuju Kota Pulpis, tanpa harus melalui Kota Palangka Raya, dan tentunya akses untuk menuju ke Food Estate itu akan secara langsung menjadi tembus dan tanpa menganggu akses jalan yang ada sekarang ini.

"Jika nantinya ada jalan baru, maka kita tinggal mengatur tonasenya saja atau mengatur kepentingan penggunaan jalan baru itu. Misalnya untuk mengangkut produksi, industri hasil dan sumber daya alam (SDA) itu bisa melalui jalan baru atau sebaliknya," jelasnya.

Sementara untuk jalan yang ada, tambahnya lagi, hanya digunakan untuk angkutan umum atau jarak tempuhnya yang lebih pendek. 

"Jadi, anggaran Rp 390 miliar itu guna mendukung program Food Estate yang sepenuhnya untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.[manan]

Lebih baru Lebih lama