Satu Unit Truk Pengangkut Sampah dari Pemkab Diterima DLH Pulang Pisau

Satu Unit Truk Pengangkut Sampah dari Pemkab Diterima DLH Pulang Pisau

TRUK pengangkut sampah berwarna Oranye yang diserahkan Pemkab Pulang Pisau kepada DLH kabupaten setempat.| foto : manan

PULANG PISAU - Satu unit Truk berwarna oranye sudah diserahkan  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Kalteng, kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten setempat, belum lama tadi. 

Truk yang diserahkan oleh Pemkab Pulang Pisau itu, diperuntukan sebagai armada pengangkut sampah, khususnya sampah di lingkungan perkotaan Pulang Pisau. 

Itu disampaikan langsung Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang kepada awak media ini, Rabu (26/1/2022). 

"Ini upaya dan bukti keseriusan kita (Pemkab Pulang Pisau) untuk menjadikan motto Pulang Pisau bersih, Pulang Pisau sehat. Jadi penanganan sampah ini dilalukan secara terintegrasi, khususnya dikawasan perkotaan sebagai view utama wajah kota," kata Taty sapaan akrab Bupati Pulang Pisau. 

Ditambahkan orang nomor satu di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, pengadaan armada berupa truk baru tersebut diharapkan dapat digunakan dengan optimal, untuk menjawab keluhan masyarakat selama ini terhadap persampahan. 

"Saya terus mengajak kepada seluruh masyarakat kita untuk dapat membangun kesadaran dan rasa kebersamaan dalam menjaga kebersihan, karena persampahan yang masih mengganggu tentu bila dibiarkan  berlarut-larut berpotensi merusak keindahan serta lingkungan," tuturnya sembari berpesan.

Terpisah, Plt Kadis DLH Kabupaten Pulang Pisau, Ir Juman mengaku, sebelumnya DLH sendiri sudah melakukan koordinasi bersama SOPD terkait, yakni DPUPR, Satpol PP, Pemerintahan Kecamatan, desa dan kelurahan serta pihak terkait lainnya. 

Koordinasi tersebut, lanjut Juman, dalam rangka memetakan potensi permasalahan persampahan termasuk pelaksanaan rencana tindaklanjutnya, sehingga didapatkan opsi dan alternatif solusinya.

Alternatif solusi dari hasil rapat itu, katanya, dengan mengaktifkan peran kecamatan dan jajarannya sebagai fungsi pengawasan, termasuk dalam proses jangka pendek untuk memudahkan pemindahan sampah rumah tangga ke tempat pembuangan sampah atau TPS yang harus desain ulang. 

"Atas dukung Pemkab, khususnya kepada Ibu Bupati Pulang Pisau, karena dalam waktu singkat telah telah mewujudkan armada berupa 1 unit Truk pengangkut sampah yang tentunya sangat membantu kita," ucap Juman.[manan]


Lebih baru Lebih lama