Tahun Ini, Peningkatan Kualitas SDM dan Skill Up Menjadi Program Disperindagkop Pulang Pisau

Tahun Ini, Peningkatan Kualitas SDM dan Skill Up Menjadi Program Disperindagkop Pulang Pisau

KADISPERINDAGKOP dan UKM Pulang Pisau, Elieser Jaya.| foto : manan

PULANG PISAU - Di tahun 2022 ini, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Pulang, Kalimantan Tengah (Kalteng), fokus pada program Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Skill Up. 

Kedua program tersebut menjadi program prioritas bagi dinas yang menangani urusan pemerintahan di bidang perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah. 

Kepala Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau, Elieser Jaya mengatakan, di dalam program Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) sendiri ada pelatihan bagi UMKM dan Koperasi. 

Sedangkan untuk program Skill Up khusus bagi pengrajin rotan di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini. 

"Jadi, program prioritas dan termasuk yang kita unggulkan ada 2 jenis program. Pertama Peningkatan Kualitas SDM dan Skill Up," ucap Elieser sapaan akrabnya. 

Khusus pada program Skill Up, pihaknya akan memfasilitasi pihak-pihak pengrajin rotan untuk mengembangkan hasil kerajinannya. 

Sebagai contoh, lanjut Elieser, apabila pengrajin mempunyai link/pangsa pasar sehingga membutuhkan dana untuk menambah modal kerja, maka dinas akan memfasilitasi pengrajin supaya mendapatkan modal kerja ke perbankan yang ada di Pulang Pisau.

"Ini nantinya sebagai penajaman bagi usaha-usaha para pengrajin. Kami harapkan juga bagi pengrajin agar mampu mencari peluang pasar secara mandiri. Artinya, jangan hanya berpangku kepada pemerintah melalui dinas terkaitnya," pesan Elieser.

Dia menambahkan, nantinya juga hasil produk olahan dari pengrajin diharapkan terus berinovasi agar tidak hanya menghasilkan olahan tradisional daerah saja, akan tetapi mampu mengolah kerajinan yang dapat menarik minat pasar. 

"Contohnya, seperti pembuatan aksesoris seperti gantungan dan aksesoris lainnya. Semoga saja nanti hasil kerajinan rotan di daerah kita mampu menembus pasar nasional maupun internasional," harapnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama