Bupati sebut Karang Taruna Pulang Pisau Miliki Tanggung Jawab Besar

Bupati sebut Karang Taruna Pulang Pisau Miliki Tanggung Jawab Besar

PULANG PISAU - Mewakili Bupati Pulang Pisau, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Hukum dan Politik, Iwan Hermawan menyebut bahwa para pengurus beserta anggota Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), memiliki tanggungjawab besar untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial serta program prioritas nasional lainnya seperti permasalahan kemiskinan, keterlantaran, narkoba dan lain sebagainya.

"Hal ini tentu harus dilakukan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan, yang kesemuanya  harus bermuara pada tercapainya kesejahteraan sosial bagi masyarakat," katanya.

Oleh karenanya, lanjut Iwan, Pemkab Pulang Pisau mengajak kepada para pengurus maupun anggota Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau, untu bersama membangun sinergi dan kolaborasi dalam mewujudkan pembangunan di semua sektor kehidupan menuju Kabupaten Pulang Pisau bermarwah, maju dan sejahtera.

Dan, tambahnya, teruslah bekerja dan berkarya  dalam membangun bangsa dan negara serta jangan pernah lelah untuk terus berjuang dan berinovasi dengan kebersamaan komitmen dan keikhlasan.

"Kami yakin kita bisa bersama-sama memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat. Sinergi yang kita bangun selama ini tentunya dalam membawa kita semakin kompak dalam membangun daerah ke arah lebih baik sesuai dengan visi misi serta harapan masyarakat," tutupnya. 

Di kesempatan sama, Kepala Dinas Sosial Pulang Pisau (Kadinsos) Drs Eknamensi Tawun menyampaikan bahwa Karang Taruna merupakan sebuah organisasi sosial nonpartisan sebagaimana telah diamanatkan dalam Permensos No 25 Tahun 2019. dan Karang Taruna merupakan organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk generasi muda.

Karang Taruna sendiri, memiliki peran penting dalam pembangunan masyarakat terutama pada peningkatan potensi dan peran aktifnya generasi muda dalam pembangunan "Jadilah sebagai pekerja keras, patriot dan pahlawan nasional dengan kerja nyata dan karya bakti dalam menyelesaikan setiap persoalan-persoalan sosial yang terjadi di tengah masyarakat kita," imbuhnya.

Pelaksanaan temu karya ini sebagai agenda tertinggi dalam organisasi Karang Taruna. Dari itu, katanya, hendaknya dapat berjalan dengan baik dan sukses serta dapat dijadikan sebagai langkah awal guna menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi ini ke arah lebih baik "Karang Taruna harus bisa menggali, mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian serta penguatan integritas dan moral anak bangsa. Jadi, secara garis besar organisasi ini benar-benar memiliki dampak positif dalam kehidupan masyarakat," tutupnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama