Cegah Kebakaran, Penting Perhatikan Penggunaan Arus Listrik

Cegah Kebakaran, Penting Perhatikan Penggunaan Arus Listrik

BUNTOK - Langkah preventif terkait arus listrik di rumah harus dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya musibah kebakaran. Apalagi di musim kemarau.

Untuk meningkatkan kesadaran terhadap potensi kebakaran bangunan, Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Tri Wahyuni mengingatkan akan pentingnya kepedulian terhadap arus listrik di rumah.

Sebut saja, dengan cara lebih peduli terhadap arus listrik terutama di rumah seperti mematikan listrik yang tidak digunakan, serta tidak menggunakan arus listrik dalam jumlah yang banyak.

"Kebakaran merupakan bencana yang tak mengenal waktu, tempat, atau siapa pun yang menjadi korban. Masalah kebakaran di Barsel masih sering terjadi, mengindikasikan perlunya peningkatan kesadaran dalam mencegah kebakaran. Upaya pencegahan yang lebih meningkat sangat diperlukan guna meminimalisir kejadian tersebut," ucap Tri, Sabtu (17/6/2023).

Wakil rakyat ini mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan arus listrik dan menghindari pemakaian berlebihan. Ia menekankan bahwa penggunaan arus listrik yang berlebihan dapat menjadi faktor risiko kebakaran.  

Selain itu, langkah pencegahan yang lain yang dapat dilakukan adalah memeriksa instalasi listrik secara berkala. 

"Masyarakat harus sedapat mungkin memastikan kabel-kabel listrik tidak terkelupas atau rusak, dan menghindari penggunaan kabel yang tidak standar," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama