Komitmen semua Pihak Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap 2023

Komitmen semua Pihak Wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap 2023

TIM satgas Karhutla.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Apel Gelar Personel dan Sarana Prasarana (Sarpras) guna kesiapsiagaan menghadapi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tahun 2023.

Plt Kalaksa BPBPK Provinsi Kalteng Ahmad Toyib menuturkan, sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan beberapa persiapan, diantaranya rapat teknis lintas instansi yang terlibat langsung dalam penanganan karhutla di lapangan nantinya. 

Hal itu dilakukan, harapnya, segala sesuatu yang  berkaitan dengan kegiatan teknis di lapangan sudah terencana dengan baik tanpa ada tahapan yang tertinggal. 

"Untuk lebih meyakinkan dan menjamin tahapan, personel dan sarpras sudah sesuai standar yang ditentukan akan dilakukan gladi kotor dan gladi bersih diikuti dengan kegiatan gladi posko, gladi lapang dan gladi simulasi," ungkapnya, Senin (12/6/2023).

Dibeberkannya, apel gelar personel dan sarpras serta simulasi karhutla tersebut rencanannya akan dihadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto yang sudah menjadwalkan kunjungan kerjanya ke Kalteng pada tanggal 16 Juni 2023 dalam rangka meninjau kesiapsiagaan Pemprov Kalteng bersama Satgas Pengendali Karhutla dalam mengantisipasi dan mengatasi potensi kejadian karhutla dalam berbagai skala, baik itu skala kecil, sedang maupun besar.

"Dengan adanya simulasi ini diharapkan personel yang bertugas di lapangan akan lebih siap mengoperasionalkan peralatan yang ada serta masyarakat diharapkan paham bagaimana cara menghadapi situasi saat terjadi karhutla, baik menggunakan air, alat pemadam api ringan maupun tangki air menggunakan selang dan nozel," harapnya.

"Masyarakat diharapkan menjadi lebih sigap dan tanggap apabila terjadi karhutla dan dapat memadamkan api secara mandiri sembari menunggu petugas pemadam kebakaran datang. Komitmen semua pihak wujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap 2023," tegasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama