Pupuk Bersubsidi di Desa Jabiren Langka, Kades Jabiren: Tampaknya Ada yang Memonopoli

Pupuk Bersubsidi di Desa Jabiren Langka, Kades Jabiren: Tampaknya Ada yang Memonopoli

PULANG PISAU - Kepala Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang, Kalimantan Tengah (Kalteng) Asio Unil mempertanyakan kesulitan atas kelangkaan pupuk bersubsidi bagi para petani di desa yang dirinya pimpin.

Asio menuding, kelangkaan pupuk bersubsidi tersebut diduga sengaja dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab, sehingga proses penyediaannya terkesan dimonopoli.

"Apalagi ini diperkuat oleh keterangan  masyarakat petani kami, yang kesulitan mendapatkan pupuk hingga mereka (petani) terpaksa mencari ke luar kecamatan. Pupuk yang kita maksud jenis urea, NPK, kabur dan sejenisnya," ujar Asio kepada awak media, Jumat (23/6/2023) kepada awak media.

Dia menyebut, matapencaharian utama masyarakat di wilayah Kecamatan Jabiren Raya, khususnya di Desa Jabiren didominasi oleh hasil pertanian dan perkebunan. Dari itu, lanjut, Asio, pihaknya berharap jangan ada kelangkaan dalam penyediaan pupuk bersubsidi.

"Apalagi sampai ada yang menyalahgunakan. Hal ini sudah sering saya sampaikan, mengapa pupuk bersubsidi di daerah kami langka, masyarakat petani di desa saya tidak pernah mendapatkan pupuk bersubsidi, padahal harusnya setiap kecamatan disiapkan pupuk bersubsidi melalui PPL maupun distributor yang ditunjuk," ungkapnya dengan tegas.

Dia menambahkan, sampai saat ini pihak desa pun tidak pernah diberitahu atau mendapat laporan dimana tempat atau pangkalan untuk menampung stok pupuk bersubsidi di Desa Jabiren ini. "Saya siap bertanggungjawab atas pernyataan saya ini. Karena secara kasat mata memang begitu faktanya, saya dan teman-teman petani juga siap semisal sama-sama kroscek lapangan," pungkasnya.

Sementara, saat dikonfrimasi melalui via WhatsApp. Kepala Dinas Pertanian Pulang Pisau Godfritson belum ada tanggapan saat ditanya perihal tersebut.[manan]
Lebih baru Lebih lama