Redkar memiliki Nilai Strategis dalam Penanggulangan Kebakaran Pemukiman

Redkar memiliki Nilai Strategis dalam Penanggulangan Kebakaran Pemukiman

BIMTEK relawan pemadam kebakaran provinsi kalteng tahun 2023.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Keberadaan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) memiliki nilai strategis guna memperkuat tugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam urusan wajib pemerintahan yang berkaitan dengan pelayanan dasar di bidang ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat dalam urusan kebakaran sesuai yang diamanatkan oleh peraturan yang berlaku.

Hal tersebut diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Leonard S Ampung saat menyampaikan amanat tertulis Sekda H Nuryakin pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Redkar Provinsi Kalteng Tahun 2023, berlangsung di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Selasa (13/6/2023).

"Kalimantan Tengah merupakan salah satu daerah rawan bencana lingkungan seperti kebakaran pemukiman maupun lahan dan hutan terutama pada cuaca ekstrem saat ini, sehingga keberadaan Relawan Pemadam Kebakaran ini memiliki nilai strategis guna memperkuat tugas Dinas Pemadam Kebakaran," tegasnya.

Ia meminta agar Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang menangani sub urusan pemadam kebakaran dapat mempersiapkan strategi dan langkah guna penyiapan terbentuknya Dinas Pemadam Kebakaran secara mandiri.

"Terkhusus untuk lembaga di masyarakat yang melaksanakan fungsi sub urusan kebakaran agar terdaftar di aplikasi Si Redkar untuk mendapat nomor register, sehingga ke depan akan terdata dan Pemerintah akan tepat sasaran untuk membantu dalam hal operasional kegiatan," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga meminta agar Redkar yang ada di Kalteng terlibat secara aktif dalam hal dukungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

"Sangat diharapkan Relawan Pemadam Kebakaran terlibat secara aktif dalam hal dukungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, walaupun tugas utamanya adalah untuk penanggulangan kebakaran pemukiman," tandasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama