Wujudkan Karakter Qur'ani, MTQN ke-2 Kecamatan Kusan Tengah Resmi Dibuka

Wujudkan Karakter Qur'ani, MTQN ke-2 Kecamatan Kusan Tengah Resmi Dibuka

FOTO bersama pembukaan MTQN ke-2 Kecamatan Kusan Tengah.| foto : ade

BATULICIN — Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-2 tingkat Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan di Desa Pakatellu resmi dibuka, Sabtu (10/6/2023) malam.

Pelaksanaan event tahunan syiar Al-Qur’an itu mengusung tema “Mewujudkan Umat Berkarakter Qur'ani Menuju Tanah Bumbu Serambi Madinah” akan dilaksanakan dari 10 Juni sampai 14 Juni 2023 yang diikuti setiap perwakilan Desa di Kecamatan Kusan Tengah sebanyak 268 peserta.

Adapun cabang lomba yang diselenggarakan yakni Tilawah Qur’an Dewasa, Tilawah Qur’an Remaja, Tilawah Qur’an Anak, Hifzhil Qur'an 1 Juz Tilawah, Hifzhil Qur'an 5 Juz Tilawah, Tartil Qur'an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khat Golongan Naskah, Khat Hiasan Mushaf, Khat Dekorasi, Khat Kontemporer, lomba rebana, Musabaqah Makalah Al-Qur’an (M2Q) dan Pawai Ta'aruf.

Camat Kusan Tengah Abdul Muiz dalam sambutannya mengatakan kegiatan MTQ tahun ini sejalan dengan program unggulan Abah Bupati yakni Satu Desa Satu Masjid (SDSM). 

Ia menyampaikan laporan bahwa di Kecamatan Kusan Tengah program unggulan tersebut sudah berjalan setiap malam senin hingga sabtu dan sudah ada yang bermalam rata-rata berjumlah 12 hingga 13 anak. 

Selain itu, untuk progres nya saat ini sudah ada yang memghafal Al-Qur'an sebanyak satu hingga tigas juz. "Ini adalah program luar biasa dalam pembentukan karakter, " kata Abdul Muiz. 

Sebelumnya acara diawali dengan pawai ta'aruf yang diikuti 12 grup, Sabtu (10/6/2023) sore, yang kemudian dilanjutkan pembukaan pada malam harinya.

Turut hadir Ketua Majelis Ulama Indonesia Tanah Bumbu KH. Suhuful Amri, Anggota DPRD Tanah Bumbu, Perwakilan Kementerian Agama dan LPTQ Tanah Bumbu HM. Ishak, Unsur Forkopimcam Kusan Tengah dan Kusan Hilir, Kepala Kantor Urusan Agama dan undangan lainnya.[ade]
Lebih baru Lebih lama