Buka Lomba Cipta Menu dan Kreasi Olahan Lokal B2SA, Ini Pesan Ketua TP-PKK Bartim

Buka Lomba Cipta Menu dan Kreasi Olahan Lokal B2SA, Ini Pesan Ketua TP-PKK Bartim

TAMIANG LAYANG - Penganekaragaman pangan adalah upaya peningkatan ketersediaan konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Barito Timur (Bartim) Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas saat membuka lomba cipta menu dan kreasi olahan pangan lokal B2SA yang diprakarsai Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan bersama TP-PKK Bartim, berlangsung di aula Dinas Pertaian dan Ketahanan Pangan setempat, Sabtu (15/7/2023).

"Berdasarkan laporan Neraca Bahan Makanan Tahun 2022 masyarakat Kabupaten Barito Timur kurang mengkonsumsi umbi-umbian, pangan hewani, buah biji berminyak dan kacang-kacangan, rendah dari angka skor Pola Pangan Harapan (PPH) Nasional, dari kelompok jenis pangan yang dikonsumsi kurang tersebut perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui kelompok Posyandu, lbu-ibu PKK di Desa dan Kecamatan," tuturnya. 

Menurutnya, adapun sosialisasi yang dilakukan adalah memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pola konsumsi masyarakat yang beragam, bergzi, seimbang dan aman dan juga menyarankan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkarn pekarangan untuk menanam tanaman lokal seperti singkong, ubi-ubian, talas, rarut, dan kacang-acangan sebagai pemenuhan karbohidrat agar tercipta pola konsumsi yang ideal.

"Dalam kegiatan ini tentunya semua pasti ingin mendapatkan juara dan saya meyampaikan selalu semangat, bagi yang mendapatkan juara I nantinya karena akan diutsertakan dalam lomba B2SA Tingkat Provinsi di Palangka Raya," ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta atas segala partisifasinya untuk mengikuti lomba, juga kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan selaku peyelenggara lomba. 

"Diharapkan kerjasama yang baik ini dapat berjalan secara terus menerus," pungkasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama