Jalan Sebangau Kuala Rusak Parah, Sugianto Minta Segera Diperbaiki

Jalan Sebangau Kuala Rusak Parah, Sugianto Minta Segera Diperbaiki

PULANG PISAU - Jalan utama menuju Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), masih dalam kondisi rusak parah. 

Akibatnya, sangat menghambat arus lalulintas  masyarakat saat melintas di ruas jalan tersebut. 

Itu disampaikan langsung Camat Sebangau Kuala H Sugianto kepada sejumlah awak media, Kamis (27/7/2023) via WhatsApp pribadinya.

"Benar, jalan banyak lubangnya dan dalam kondisi rusak parah sehingga sangat menghambat transportasi warga. Jadi, kami sangat berharap kepada Dinas PUPR Pulang Pisau untuk segera menutupi lubang-lubang yang ada itu," kata camat mewakili warganya dengan tegas.

Ditanya panjang kerusakan akses jalan itu, Sugianto menyebut kurang lebih 10 kilometer. 

"Yang pastinya dari kilometer 18 sampai kilometer 28," ujar camat singkat.

Kepada awak media, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Kadis PUPR) Pulang Pisau Usis I Sangkai melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga (BM) I Gusti Putu Donna mengatakan, terkait rusaknya ruas jalan menuju ke Kecamatan Sebangau Kuala, pada tahun 2023 sudah dianggarkan penanganannya.

“Jadi, untuk poros Sebangau sudah dianggarkan tahun ini. Sekarang tahapan proses lelang

Disebutkannya, sebelum terjadi kerusakan parah, Dinas PUPR melalui Divisi BM sudah melakukan perbaikan di 5 titik, dan lokasi yang saat ini rusak sudah dalam kondisi baik. 


"Faktornya karena curah hujan di awal tahun sangat tinggi, sehingga air sungai meluap di pinggir jalan, sehingga kondisi jalan debit kembali rusak akibat tergerus arus luapan.

Tidak hanya faktor curah hujan, menurut Donna, kerusakan ruas jalan menuju Kabupaten Sebangau sangat cepat, akibat beban yang melintasi ruas jalan tersebut melebihi daya dukung jalan yang direncanakan.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas, akan segera kami percepat proses penanganannya, dan lelang akan didahulukan. Jadi, kami mohon kesabarannya," ujar Donna.[manan]

Lebih baru Lebih lama