Kecamatan Sungai Loban Gelar Rakor dan Evaluasi Program SDSM

Kecamatan Sungai Loban Gelar Rakor dan Evaluasi Program SDSM

BATULICIN — Untuk menyukseskan program Satu Desa Satu Masjid (SDSM), Pemerintah Kecamatan Sungai Loban menggelar rapat koordinasi (Rakor) sekaligus evaluasi bersama seluruh Kepala Desa, Kepala Sekolah SD dan SMP, serta ustadz dan ustadzah se-Kecamatan Sungai Loban, yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan setempat, beberapa hari yang lalu.

Camat Sungai Loban Agus Salim, menyampaikan program SDSM ini sudah berjalan selama satu tahun, dan pelaksanaannya terjadi dinamika terkait kehadiran anak-anak, dalam suatu waktu terjadi peningkatan dan waktu lainnya terjadi penurunan jumlah anak.

Camat mengajak semua pihak untuk ikut serta terlibat dalam menyukseskan program SDSM, sehingga dalam rakor sekaligus evaluasi ini diharapkan ada keputusan bersama ataupun kebijakan, sebagai penguatan dalam pelaksanaan program tersebut.

Selain itu, Camat juga memberikan masukan untuk melakukan penguatan di perangkat desa dengan menyusun jadwal pengawasan, kemudian penguatan kepada Ustadz dan Ustadzah apa saja yang perlu dilakukan dan dievaluasi dalam pelaksanaan SDSM, sehingga orang tua anak yakin bahwa kegiatan anak yang menginap sudah dalam pengawasan dan keamanan yang terjaga.

Camat berharap generasi muda Tanah Bumbu menjadi generasi Qur’ani dan berilmu, karena apabila ingin mendapatkan bekal akhirat maka perlu ilmu, dan apabila menginginkan dunia maka memerlukan ilmu, dan jika menginginkan keduanya maka dengan ilmu.

Kepala Desa Damar Indah Sanusi, menambahkan pelaksanaan SDSM di desanya masih berjalan, hanya saja terjadi pengurangan jumlah anak di tingkat SMP, karena pergaulan untuk anak-anak di Tingkat SMP sudah lebih luas sehingga sedikit lebih sulit untuk diajak dan diarahkan.

Sanusi berharap kerjasama para Kepala Sekolah dan Dewan Guru untuk anak-anak mau ikut terlibat dalam SDSM untuk berkomitmen bersama-sama.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 1 Sebamban Baru menyampaikan pihaknya siap mendukung program SDSM, dan akan memberikan pengawasan secara bergilir/berkala dalam pengawasan pelaksanaannya.

Rakor diisi dengan diskusi bersama terkait evaluasi cara menyelesaikan masalah yang terjadi dilapangan secara teknis dan solusi dalam menyukseskan program SDSM dengan.[ade]

Lebih baru Lebih lama