KIM Miliki Arti Penting sebagai Mitra Pemerintah

KIM Miliki Arti Penting sebagai Mitra Pemerintah

BIMTEK platform digital kemitraan KIM di Kalteng. | foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Perkembangan teknologi sat ini begitu cepat, hal ini sejalan dengan informasi yang didapatkan masyarakat. Untuk itu, diperlukan kearifan dalam memanfaatkan teknologi agar informasi yang sampai kepada masyarakat merupakan yang baik dan positif.

Hal ini disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum Sri Suwanto mewakili Sekda Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Platform Digital Kemitraan bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), Senin (17/7/2023) di Palangka Raya.

"Komunitas Informasi Masyarakat atau KIM ini sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi terutama dalam menyampaikan informasi yang positif bagi masyarakat. Artinya KIM yang dibentuk oleh masyarakat harus dapat berguna juga bagi masyarakat. Untuk itu diperlukan pemberdayaan KIM guna mengembangkannya," tuturnya.

Diutarakannya, KIM adalah komunitas yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat, yang secara mandiri dan kreatif melalui melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah taraf kehidupannya, sebagai lembaga masyarakat yang bergerak di bidang pengelolaan informasi.

"KIM memiliki arti yang penting sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam desiminasi informasi dan penyerapan aspirasi masyarakat," ungkapnya.

Dibeberkan, KIM binaan Kabupaten/ Kota di Kalteng sebagai mitra kerja Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng untuk melaksanakan pengembangan, pemberdayaan komunitas yang memiliki potensi sebagai jejaring informasi publik dan membangun komunitas yang memiliki aktivitas bidang pengelolaan diseminasi informasi.

"Salah satu rencana aksi Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah untuk membantu pemberdayaan KIM antara lain platform digital kemitraan bagi komunitas informasi masyarakat di Palangka Raya," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfosantik Kalteng, Agus Siswadi menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Bimtek itu guna memberikan pemahaman kepada KIM sebagai salah satu program kerja strategis pemerintah untuk mendukung terwujudnya masyarakat informasi. 

Selain itu, tambahnya, meningkatkan kemampuan atau skill SDM informasi dan komunikasi publik dan pegiat KIM di Kabupaten/Kota se- Kalteng dalam pengelolaan informasi sebagai mitra pemerintah dan sebagai bagian dari jaringan sistem informasi nasional dalam diseminasi informasi.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama