Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Kotabaru Gelar Istigosah

Sambut Tahun Baru Islam, Pemkab Kotabaru Gelar Istigosah

KOTABARU - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar dzikir dan doa bersama atau Istigosah dalam memyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah yang bertepatan dengan tanggal 18 Juni 2023 yang berlangsung di Mesjid Agung Khusnul Khotimah Kotabaru, Selasa (18/7/2023).

Dalam kesemparan tersebut, Asisten 1 Setda Kotabaru, Drs. H. Minggu Basuki dalam membacakan sambutan Bupati Kotabaru menyerukan untuk melaksanakn doa bersama dan bersyukur dalam memasuki Tahun Baru Islam 1445 Hijriah.

"Melalui kegiatan yang baik ini, saya mengajak semua kalangan baik Pemerintah maupun masyarakat untuk memanjatkan do'a dan bersyukur karena kita masih diberi kesempatan memasuki 1 Muharam 1445 Hijryah," ujarnya.

Selain itu, Ia mengajak untuk bersama-sama mengambil hikmah maupun makna dari Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijryah.

"Salah satu makna yang bisa kita ambil yakni semakin menguatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," ucapnya.

Selain itu, doa bersama dan bersyukur yang menjadi momentum untuk berintropeksi, berhijrah maupun bertransformasi diri untuk lebih berkomitmen, menghilangkan kekhilafan dan kesalahan serta berkomitmen penuh untuk senantiasa memperbaiki diri.

"Keluarga dan masyarakat dalam semua ranah kehidupan sesuai dengan tuntunan agama islam, dan senantiasa menjalin silaturahmi serta memperkuat jalinan ikhuwah islamiah sebagai modal pembangunan menuju Kabupaten Kotabaru yang maju dan Berkualitas," ungkap Asisten I Setda Kotabaru.

Adapun tujuan digelarnya Istigosah untuk mengedukasi dan menyiarkan kepada masyarakat akan pentingnya menyambut Tahun Baru Islam.

"Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakan doa akhir tahun dan sholat magrib, sholat hajad, pembacaan surah yasin dan salawat kamilah, doa awal tahun serta tahlil dan doa haul," katanya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama