25 Siswa-siswi di Kapuas Jalani Pusdiklat Paskibraka HUT Kemerdekaan

25 Siswa-siswi di Kapuas Jalani Pusdiklat Paskibraka HUT Kemerdekaan

PEMBUKAAN Pemusatan Diklat Paskibraka HUT Kemerdekaan RI di Kabupaten Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Menjelang perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia sebanyak 25 orang calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Kapuas mulai mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) yang berlangsung hingga dua pekan ke depan, 2 hingga 16 Agustus 2023.

Seremoni pembukaan dimulainya Diklat Paskibraka tersebut digelar di Ball Room Hotel Permata Inn Jalan Seroja Kuala Kapuas, Rabu (2/8/2022).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas, Hj Marlina Kaspiati mengatakan, adapun 25 peserta Diklat Paskibraka itu merupakan pasukan yang terdiri dari putra putri pelajar terbaik yang telah melalui berbagai proses dan tahapan seleksi dan dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan di tingkat Kabupaten Kapuas.

"Hari ini telah dilaksanakan pembukaan pemusatan pendidikan pelatihan Paskibraka tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2023, yanga mana mulai hari ini para peserta sudah mulai dikarantina selama dua minggu hingga tanggal 16 Agustus 2023 mendatang," kata Hj Marlina.

Lanjutnya, 25 perserta Diklat Paskibraka ini terdiri 7 pelajar putri dan 18 pelajar putra serta 5 orang pendamping.

Selama menjalani pemusatan diklat para paskibaraka akan diberikan berbagai materi pelatihan mulai dari tehnik kepaskibrakaan dan berbagai materi wawasan kebangsaan, termasuk materi 
kewaspadaan nasional, digital literasi dan tentang Pancasila.

Sementara itu, pembimbing dalam pemusatan Diklat tersebut, dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan pengajar dari Kesbangpol dan TNI.

"Kami berharap para peserta pemusatan Diklat Paskibraka ini dengan serius dengan sungguh-sungguh. Karena tugas mereka nanti cukup berat yaitu sebagai pengibar bendera pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2023 akan datang," pungkasnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama