Abrasi di Sei Bakau, 2 Rumah dan Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Parah

Abrasi di Sei Bakau, 2 Rumah dan Sejumlah Fasilitas Umum Rusak Parah

PULANG PISAU - Akibat abrasi atau erosi pantai, dua buah rumah dan sejumlah fasilitas umum di wilayah pesisir Sei Bakau, Kecamatan Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengalami rusak parah.

Bencana alam tersebut, dikabarkan terjadi pada Minggu 13 Agustus 2023 kemarin. Tidak hanya itu, fasilitas umum seperti sekolah madrasah ibtidaiyah (MI), jalan titian sepanjang 70 meter, WC umum dan penampungan air hujan juga mengalami kerusakan cukup parah.

"Iya benar, Minggu kemarin sekitar pukul 20.10 WIB, terjadi bencana alam abrasi di desa kami. Tanah di bagian pesisir pantai longsor, sehingga mengakibatkan dua rumah penduduk sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan," kata Kepala Desa (Kades) Sei Bakau, Jali Rahman, Senin, (14/8/2023) kepada awak media di Pulang Pisau. 

Ia mengungkapkan, setelah musibah tersebut terjadi, pihaknya bersama para warga yang tidak terdampak langsung menuju ke lokasi bencana untuk membantu korban dan menyelamatkan barang yang masih tertinggal di dalam rumah warga terdampak.

"Pemilik rumah sementara kita arahkan untuk tidak mendekati rumahnya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Sementara saat ini, pihak desa setempat sudah  menyampaikan laporan kepada pihak BPBD Pulang Pisau, Dinas Sosial (Dinsos) Pulang Pisau dan Kapolsek Sebangau Kuala atas terjadinya bencana alam tersebut.

"Sudah kami sampaikan, Malam ini Kapolsek Sebangau Kuala beserta anggotanya tiba di desa kami. Sedangkan pihak BPBD Pulang Pisau, Kemenag dan Dinas Sosial Pulang Pisau juga akan turun langsung ke lokasi kejadian," tutupnya.

Senada, kejadian tersebut dibenarkan Camat Sebangau Kuala, Sugianto. Saat dikonfirmasi via telepon WhatsApp, ia membenarkan bencana alam berupa abrasi.

"Iya benar, kejadian kemarin malam. Untung tidak ada korban jiwa, tetapi ada rumah warga, sekolah dan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan cukup parah," ujar camat membenarkan peristiwa tersebut.[manan]
Lebih baru Lebih lama