Di Maliku, Pelatihan Keterampilan Berbasis Masyarakat 2023 Resmi Dibuka

Di Maliku, Pelatihan Keterampilan Berbasis Masyarakat 2023 Resmi Dibuka

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Reliasi membuka secara resmi Pelatihan Keterampilan Berbasi Masyarakat Tahun 2023.

Pembukaan berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Maliku, kabupaten setempat, Selasa (1/8/2023).

Reliasi, membacakan sambutan Bupati mengatakan berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional per Agustus 2022, menunjukan persentase penduduk usis produktif (15-59 tahun) yang berpartisipasi dalam kegiatan ekonomi di tahun tersebut sebesar 71,64 persen atau sebanyak 69.560 orang. 

Dimana, lanjutnya, dari data tersebut menunjukan terdapat 1,96 persen tingkat pengangguran Kabupaten Pulang Pisau dengan tingkat pengangguran laki-laki sebesar 2,02 persen.

"Artinya, lebih daripada tingkat pengangguran perempuan, yakni sebesar 1,85 persen. Sedangkan, persentase penduduk miskin kita di tahun 2021 sebesar 4,24 persen, dan pada tahun 2022 naik menjadi 4,70 persen. Jadi, kenaikan terjadi karena dampak Pendemi Covid-19 yang dirasakan saat itu," bebernya.

Untuk menanggulangi hal tersebut, masih dalam sambutan Bupati, maka Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melakukan berbagai upaya melalui kegiatan yang dilakukan oleh instansi termasuk Dinasnakertrans Pulang Pisau.

"Dengan melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat dengan agenda pelaksanannya di Kecamatan Maliku, Kahayan Kuala dan Kecamatan Sebangau Kuala, dengan masing-masing kecamatan sebanyak 30 orang," ujarnya.

Bupati berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampaih akhir dengan sebaik-baiknya, dan keadaan pengajar mari disampaikan semua materi dengan baik hingga mudah dimengerti dan diserah oleh para peserta.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Pulang Pisau, saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginha kepada Disnakertrans Pulpis dan juga kepada seluruh pihak yang telah membantu menyelenggarakan kegiatan pelatihan keterampilan berbasis masyarakat sehingga masyarakat dapat berkontribusi langsung terhadap pengembangan usaha, baik untuk menciptakan lapangan kerja usaha baru maupun peningkatan usaha yang telah ada di masyarakat," pungkasnya.

Sementara kegiatan turut dihadiri, Kepala Dinas Unit Satuan Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, Camat Maliku, Kepala Desa se Kecamatan Maliku, Panitia Pelaksana Kegiatan Pelatihan Keterampilan Berbasis Masyaraka, Pengajar dan Asisten Pengajar, Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Pulang Pisau James Patrick dan seluruh para peserta pelatihan.

Adapun maksud tujuan utama pada kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat, baik pelaku usaha baru maupun pelaku usaha lama untuk meningkatkan dan mengembangkan kreativitas yang di dasarkan atas ketersediaan bahan yang mudah dan murah dalam pengolahan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ditandai dengan peningkatan usaha. 

Sedangkan waktu pelaksanaan selama 5 hari kerja atau 40 jam pembelajaran, dan para peserta memperolet perlengkapan berupa difasilitasi selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan sendiri dilaksanakan melalui DPA SKPD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau Nomor : 9 Tahun 2023 Tanggal 2Januari 2023.[manan]

Lebih baru Lebih lama