Dinas PMD Kalteng Sosialisasikan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik di Kapuas

Dinas PMD Kalteng Sosialisasikan Peran Serta Generasi Muda Desa dan Hak Politik di Kapuas

SUASANA kegiatan sosialiasi digelar Dinas  PMD Kalteng di Kab. Kapuas.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Generasi muda dan milenial di Kabupaten Kapuas mendapat kesempatan menerima sosialiasi "Peningkatan peran serta generasi muda desa dan hak politik dalam ketahanan masyarakat" yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalteng, di aula Kantor Bapelitbangda, Rabu (30/8/2023).

Sosialisasi dibuka oleh Plt Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor diwakili Kepala Dinas PMD Kapuas Budi Kurniawan.

Sementara peserta sosialisasi ini diikuti puluhan peserta pemuda dari organisasi kepemudaan, dan dari kelurahan/desa di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan melalui Kabid Pemberdayaan Pengelolaan SDA, Kawasan Perdesaan dan Ketahanan Masyarakat, Fathuddin Noor mengatakan sosialiasi ini dalam rangka untuk meningkatkan ketahanan masyarakat.

"Yaitu dengan meningkatkan peran serta generasi muda politik dalam ketahanan masyarakat. Kita harapkan agar generasi tidak buta politik, jadi mereka kaum milineal dengan sikap, kemudian inovasi mereka ini akan memberikan wawasan mereka pada pesta demokrasi, Pemilu 2024 mendatang," ujar Fathuddin Noor, usai kegiatan.

Dan pihaknya berharap dengan adanya pertemuan ini generasi muda paham apa yang harus dilakukannya. Saat ditanyakan kenapa para peserta ini adalah para generasi muda desa.

"Alasannya karena potensi pemilih pemula adalah pemuda yang cukup besar diharapkan bisa menyumbang partisipasi suara dalam pesta demokrasi kita," imbuhnya.

Agar, lanjutnya, pemuda tidak dianggap buta politik, pemuda itu memiliki sifat kritis (kontrol sosial), inovatif, kreatif dan sering dikatakan masa pembentukan jati diri, dan karena pemuda adalah generasi penerus bangsa penyambung tongkat estafet sebagai pembangunan.

"Inilah beberapa alasan kenapa pemuda menjadi pilihan sebagai peserta dengan beberapa alasan di atas, diharapkan para pemuda menjadi paham akan hak politiknya, sehingga mampu dan mau menggunakan hak politiknya dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama