Festival Seni dan Budaya Handep Hapakat Dimulai, Bakhzar: Kegiatan Selama 3 Hari

Festival Seni dan Budaya Handep Hapakat Dimulai, Bakhzar: Kegiatan Selama 3 Hari

PULANG PISAU - Panitia Besar Hari Jadi (Harjad) ke-21 Kabupaten Pulang Pisau, yang dirangkai dengan semarak HUT ke-78 RI tahun 2023 di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat, menggelar berbagai macam kegiatan sejak 8 sampai 23 Agustus 2023 ini.

Sesuai jadwal, kegiatan dimulai dari upacara bendera, ramah tamah, hiburan, olahraga, serta  lomba-lomba dan sejumlah kegiatan lainnya pada rangkaian memeriahkan dua momentum peringatan tersebut.

Memeriahkan hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pulang Pisau yang berperan sebagai institusi yang menjadi leading sektor untuk mengkoordinir kegiatan Festival Seni dan Budaya Handep Hapakat, sudah memulai agenda kegiatannya pada hari ini, Sabtu 19 Agustus dan berakhir sampai 21 Agustus 2023.

"Peran Disbudpar Pulpis di momentum ini, melalui festival seni dan budaya Handep Hapakat. Hal ini, agar memberikan manfaat untuk kita semua, terutama untuk para pemuda yang ada di Kabupaten Pulang Pisau sebagai bentuk pelestarian budaya Dayak," kata Kadisbudpar Pulang Pisau, Bakhzar Efendi saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (19/8/2023) di ruang kerjanya.

Bakhzar menyebut, pada kegiatan tersebut ada delapan cabang lomba yang dilaksanakan, yakni tari daerah, karungut putra/putri, malamang, vocal solo lagu pop daerah putra/putri, lawang sakepeng putra/putri, mangaruhi putra/putri, balogo putra/putri, dan ahat ukir ornamen Pulang Mandau.

"Untuk kegiatan kita dipusatkan di lingkungan Stadion HM Sanusi, Kota Pulang Pisau. Semoga kegiatan semacam ini, bisa menumbuhkan rasa cinta dan menghargai terhadap seni dan budaya kita yang tidak lain demi kemajuan kebudayaan itu sendiri," harapnya.

"Semoga pula pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan optimal. Kami sangat bangga melihat antusias masyarakat terutama kaum muda dalam mengikuti kegiatan ini. Mari bersama mendorong dan kembangkan seni dan budaya, agar tidak luntur dan punah seiring perkembangan zaman di era digital saat ini," pesannya.

Perlu diketahui kegiatan ini dengan total hadiah Rp 46 juta lebih atau tepatnya Rp 46.250.00.[manan]

Lebih baru Lebih lama