Gandeng Duta Pariwisata Banjarbaru, Kementan Kenalkan Kewirausahaan Pertanian

Gandeng Duta Pariwisata Banjarbaru, Kementan Kenalkan Kewirausahaan Pertanian

BANJARBARU - Upaya dalam menumbuhkan minat generasi muda dalam berwirausaha, terus diupayakan. Kementerian Pertanian (Kementan) terus bergerak melalui program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP), guna menggali dan memupuk jiwa kewirausahaan petani muda dalam mengembangkan usaha. 

Sesuai dengan pernyataan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo bahwa regenerasi petani adalah tonggak utama kemajuan pertanian. 

“Sebagai generasi muda yang energik, tentunya harus kita arahkan mereka kepada hal positif untuk mendukung pertanian di masa depan agar pertanian dapat terus menopang perekonomi negara,” ujar Syahrul.

Mendukung pernyataan Menteri Pertanian, Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) juga tidak henti-hentinya mengingatkan untuk menjadi seorang entrepreneur sejati dibutuhkan waktu, usaha, dan kerja keras karena semuanya tidak ada yang instan. 

“Kebanyakan anak muda saat ini ingin segalanya serba instan, namun disinilah kita perlu sama-sama belajar bahwa pengalaman yang tidak instan dapat menjadi ilmu, termasuk dalam menggerakkan agribisnis di bidang pertanian,” ujar Dedi.

Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Kementerian Pertanian terus meningkatkan kapasitas peserta PWMP. 

Selain itu, SMK-PP N Banjarbaru juga menjalin Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) yang berperan sebagai mentor bagi siswa peserta PWMP.

Salah satu DU/DI yang menjalin Kerjasama dengan SMK-PP Negeri Banjarbaru adalah ABBA Coklat, yang merupakan salah satu UMKM bidang pengolahan hasil dari Kota Banjarbaru. 

Kali ini, melalui ABBA Coklat yang bekerjasama dengan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (DISPORABUDPAR) Kota Banjarbaru menjadikan PWMP SMK-PPN Banjarbaru sebagai salah satu destinasi kunjungan dari Pawadahan Nanang Galuh Kota Banjarbaru Tahun 2023, Minggu (27/8/2023).

Nanang dan Galuh merupakan Duta Pariwisata yang bertugas memperkenalkan adat dan kebudayaan daerahnya ke forum Nasional bahkan Internasional.

Nanang dan Galuh (Naga) Kota Banjarbaru Tahun 2023 yang berjumlah 13 orang diajak berkunjung laboratorium pengolahan hasil pertanian, dalam proses pembuatan coklat oleh siswa-siswi peserta PWMP SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Di kesempatan ini Nanang dan Galuh Kota Banjarbaru diajak dan dikenalkan proses pengolahan coklat. Mereka juga diajak berkreasi membuat coklat dari awal sampai akhir bersama siswa peserta PWMP bidang pengolahan hasil coklat. 

Selain itu mereka juga diajak membuat video promosi dari produk coklat yang telah dibikin bersama dengan siswa PWMP, dan Disporabudpar Kota Banjarbaru. Dimana ini juga sebagai ajang promosi untuk memperkenalkan produk UMKM Kota Banjarbaru dan PWMP SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Menanggapi kegiatan diatas, Bobby selaku owner ABBA Coklat dan sebagai mentor PWMP ingin memperkenalkan PWMP cokelat SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai destinasi wisata edukasi.

“Saya ingin memperkenalkan PWMP cokelat SMK-PP Negeri Banjarbaru sebagai destinasi wisata edukasi, yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum terutama anak-anak sekolah di lingkungan Banjarbaru dan sekitarnya, salah satunya dengan kegiatan ini," ujarnya.

Salah satu mentor PWMP dari SMK-PPN Banjarbaru, Fibrian mengungkapkan selain mengenalkan profil lulusan SMK PP Negeri Banjarbaru yang mencetak wirausaha muda di bidang pertanian. Pada kesempatan kali ini, Nanang Galuh juga berkesempatan langsung mencoba membuat olahan cokelat yang prosesnya dibuat sendiri, dikemas sendiri dan boleh dibawa pulang.

“Hari ini super seruu, karena bisa belajar beragam olahan coklat,” kata Hasni, Wakil IV Galuh Banjarbaru 2023.

Terpisah, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso sendiri selalu berharap dari program PWMP ini kelak dapat mencetak para peserta menjadi wirausahawan yang sukses, kreatif, berdaya saing dan mampu mengadopsi teknologi. 

Selain itu dengan adanya Kerjasama dan kunjungan ini dapat semakin memperkenalkan sekolah dan produk peserta PWMP.[adv]

Lebih baru Lebih lama