Ini Pesan Bupati Pulang Pisau di Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten

Ini Pesan Bupati Pulang Pisau di Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten

PULANG PISAU - Staf Ahli Bidang Pembangunan Hukum dan Politik, Iwan Hermawan mewakili Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang berpesan dan sekaligus berharap kepada seluruh umat Islam di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, supaya menjalankan petunjuk Al-Qur'an untuk memperkokoh akhlakul karimah serta meningkatkan ikatan silaturahmi dalam ukhuwah islamiah, mempertebal keimanan serta  ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa 

Hal itu disampaikan saat pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-XI tahun 2023 tingkat Kabupaten Pulang Pisau di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Handep Hapakat, Kota Pulang Pisau, pada Minggu 20 Agustus 2023 malam.

"Diselenggarakannya kegiatan ini, kita mengajak lapisan masyarakat, khususnya semua umat muslim di Pulang Pisau untuk membumikan atau mensyiarkan isi kandungan Al Qur'an dalam dunia nyata, dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Iwan sapaan akrab staf ahli bupati saat membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau pada acara tersebut. 

Adanya pelaksanaan MTQ in, pihaknya berharap, agar menjadi salah satu sumber kesejukan, kedamaian dan ketentraman hati disaat mendengarkan alunan atau lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an yang dibacakan.

Karena, menurutnya, perasaan tentram dan damai itu harus rawat sehingga tidak akan ada lagi namanya hoax, fitnah-memfitnah, caci-mencaci serta gesekan antar sesama umat, saudara sebangsa dan se-tanah air Indonesia yang kadang terjadi oleh sesuatu hal yang kecil.

Ia juga meminta agar Al Qur'an dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi ulama dan akademisi untuk menciptakan kader terbaik asli dari daerah Kabupaten Pulang Pisau untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghadirkan kemajuan sumber daya manusia atau SDM yang unggul dan berdaya saing dalam menghadapi kemajuan zaman. 

"Jadi, saya mengajak kita semua untuk memandang MTQ bukan hanya sebagai acara rutin dan seremoni, bukan pula sebagai lomba yang hanya menentukan kalah dan menang, tapi menjadikan kegiatan ini sebagai sumber energi utama bagi kita untuk mewujudkan Pulang Pisau yang makmur, adil dan sejahtera," harapnya sembari berpesan dan mengingatkan.

Tambahnya, kepada generasi muda Muslim yang ikut dalam kegiatan ini mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan dalam beragama serta sekaligus dapat memberi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.

Iwan menuturkan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ke- XI itu diikuti oleh 8 (delapan) Kecamatan se- Kabupaten Pulang Pisau yang akan berlangsung beberapa lokasi wilayah Pulang Pisau, artinya ada beberapa titik lokasi berbeda yang sudah ditentukan panitia pelaksana. 

"Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug. Cabang yang diperlombakan, meliputi, Seni Baca Al Qur'an, Hafalan Al Qur'an, Fafmil Qur'an, 4. Syarhil Qur'an, Karya Tulis Ilmiah Al Qur'an, Seni Kaligrafi Al Qur'an, Qiro'at Sab'ah. Dan semua cabang diikuti peserta putra dan putri," sebutnya. 

Untuk diketahui peserta yang mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Pulang Pisau ini, yakni dari Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 42 peserta, Kecamatan Banama Tingang 27, Kecamatan Pandih Batu 46, Kecamatan Maliku 37, Kecamatan Sebangau Kuala 39, Kecamatan
Kahayan Tengah 35, Kecamatan
Jabiren Raya 34 dan Kecamatan
Kahayan Kuala 39 peserta.[manan]

Lebih baru Lebih lama