Kolaborasi dengan BRIN, Anggota DPR RI Mukhtarudin Gelar Pelatihan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

Kolaborasi dengan BRIN, Anggota DPR RI Mukhtarudin Gelar Pelatihan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah

SUASANA pelatihan penyusunan KTI dihadiri Anggota DPR RI Komisi VII di Kapuas, Drs H Mukhtarudin.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng dari Partai Golkar Drs. H Mukhtarudin menggandeng Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menghelat  kegiatan peningkatan kapasitas penguna riset dan inovasi yang dikemas dengan Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di GPU Manggatang Tarung, Jalan Kalimantan Kabupaten Kapuas, Kalteng, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan diikuti peserta sejumlah mahasiswa, pelajar, pendidik hingga masyakat umum di Kota Kuala Kapuas.

Acara tersebut dibuka Ketua DPD Golkar Kapuas, Hj Noor Fajariah Kamayanti dihadiri sejumlah kader Golkar Kapuas.

Dalam pelatihan ini juga dihadri perwakilan BRIN dan paparan nara sumber disampaikan Dr Didi Tarmidi MSi peneliti ahli madya pusat riset zoologi BRIN.

Anggota DPR RI, H Mukhtarudin dalam sambutannya mengatakan, upaya mendorong peningkatan kualitas SDM salah satu pelaksanaannya melalui pelatihan termasuk pelatihan penyusunan KTI.

Menurutnya, Komisi VII DPR RI sebagai mitra dalam pelaksanaan fungsi legislasi, pengawasan dan anggarannya,  mendukung BRIN dalam melaksanakan kegiatan seperti pelatihan ini, yang mana  langsung dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat banyak, khususnya kalangan pelajar dan mahasiswa.

"Kegiatan ini khususnya yang berkaitan dengan karya tulis dalam rangka peningkatan SDM khususnya adek-adek yang bersiap menyusun tugas akhir, baik makalah dan lain lain yang digunakan dalam rangka mendukung tugas-tugas kuliah dan sekolah," kata Mukhtarudin.

Dilanjutkan wakil rakyat dari Partai Golkar ini, tujuan kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manunsia (SDM) Indonesia termasuk di Kalteng dan Kabupaten Kapuas.

Menurutnya, dalam rangka peningkatan kualitas SDM, pemerintah dan DPR selain gencar melakukan pengentasan stunting juga melalui dunia pendidikan baik formal dan non formal termasuk palatihan-pelatihan.

"Ini Sinergi kita dengan BRIN dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia," imbuhnya.

Sebelumya perwakilan BRIN Wahyudi menyampaikan bahwa BRIN sendiri merupakan salah satu badan yang dibentuk oleh negara dari beberapa badan IPTEK, seperti LIPI, BPPT, Lapan yang terintegrasi menjadi satu. 

"BRIN menjalankan fungsi dan tugasnya dalam mengembangkan ataupun menerapkan inovasi, riset dan teknologi, demi mendorong kemajuan dan meningkatkan kapasitas SDM Indonesia," kata Wahyudi.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama