Menuju Pemilu Damai, Polres Kotabaru Gelar Simulasi Sispamkota

Menuju Pemilu Damai, Polres Kotabaru Gelar Simulasi Sispamkota

KOTABARU - Kapolres Kotabaru, AKBP Dr Tri Suhartanto SH MH M.Si memimpin simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), di lapangan Siring Laut Kotabaru, Kamis (30/8/2023). Ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengamanan yang optimal untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Sispamkota merupakan sistem terintegrasi yang menggabungkan teknologi canggih seperti kamera pengawas, sensor keamanan, dan analisis data untuk mendeteksi potensi ancaman keamanan.

Sistem ini akan membantu petugas kepolisian dalam merespons cepat terhadap situasi yang memerlukan tindakan, serta memantau perkembangan situasi secara real-time.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Tri Suhartanto mengatakan, simulasi ini dilakukan untuk menguji SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sudah ada dan mengevaluasi kesiapan dari seluruh personil yang dilibatkan dalam pengamanan Pemilu 2024 nanti.

"Selain itu, kegiatan ini juga untuk memberikan masukan kepada seluruh pemangku kepentingan tidak hanya aparat pengamanan namun juga Pelaksana Pemilu dan Pengawas Pemilu," ungkapnya.

Untuk itu, pengamanan Pemilu, Polda Kalsel telah mengkoordinir seluruh Polres Jajaran untuk melaksanakan atau menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sekaligus mengevaluasi kekurangan yang ada agar bisa diperbaiki di masing-masing wilayah.

"Yang mana kali ini, Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan secara serentak, untuk itu masing-masing wilayah harus memiliki kekuatan yang maksimal dan optimal untuk melakukan pengamanan,” ucap Kapolres.

Dia menambahkan, wilayah Kalimantan Selatan, khususnya Kabupaten Kotabaru secara nasional tidak termasuk dalam level yang rawan. Namun, hal itu jangan menjadikan kita untuk underestimate.

"Justru itu, kita tetap harus mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang ada diwilayah Kotabaru terutama untuk TPS-TPS yang lokasinya sulit terjangkau tentunya akan dipersiapkan personil dan pengamanannya," ujarnya.

Kapolres juga menerangkan, pihaknya mengerahkan 2/3 kekuatan atau sebanyak 700 personil gabungan untuk pengamanan Pemilu 2024 mendatang di Kabupaten Kotabaru,

"Sembari menegaskan komitmen Polri dalam memberikan perlindungan dan keamanan kepada masyarakat dalam menjalankan hak demokrasi mereka, untuk itu kita harus bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu berlangsung," katanya.

Pelaksanaan Sispamkota akan menjadi instrumen penting dalam mendukung tugas-tugas kepolisian untuk memastikan situasi tetap kondusif, sekaligus mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap menjunjung tinggi norma-norma demokrasi dan berpartisipasi dengan damai dalam proses pemilihan nanti.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama