Meriahkan HUT Kemerdekaan, DKP3 Barsel gelar Lomba Mancing

Meriahkan HUT Kemerdekaan, DKP3 Barsel gelar Lomba Mancing

BUNTOK - Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) sekaligus sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan), Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menggelar lomba memancing ikan di lokasi DKP3, Kamis (10/8/2023).

Dalam sambutannya sekaligus membuka lomba memancing ini, Penjabat (Pj) Bupati Barsel, H Deddy Winarwan berharap sumber daya ikan yang ada di Barsel dapat dilestarikan keberadaannya.

"Kegiatan lomba memancing ikan ini jug sekaligus promosi serta mengajak masyarakat, terutama insan pencinta mancing ikan di alam bebas untuk menjaga potensi perairan umum di Barsel, sehingga tetap lestari, dengan proses penangkapan yang tidak bertentangan dengan aturan (illegal fishing)," jelasnya.

Ia mengajak kepada para peserta lomba memancing ikan di kolam DKP3 untuk bersama-sama menjaga kelestarian sumber daya perairan serta meningkatkan perhatian kepada upaya penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan.

Ini tak lain agar terpeliharanya sumber daya perairan yang lestari hingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sampai ke anak cucu nantinya.

"Kita harus pro aktif mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan misalnya alat setrum, potas atau racun Ikan dan bahan-bahan lainnya, yang mengakibatkan kerusakan ekosistem serta habitat sumber daya perairan dan tidak melakukan tindakan yang dapat merusak alam serta lingkungan," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama