Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan, Puluhan Pelajar Ikuti Lomba Karya Ilmiah

Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan, Puluhan Pelajar Ikuti Lomba Karya Ilmiah

KOTABARU - Sebanyak 14 pelajar SMA/SMK dan sederajat dari Kabupaten Kotabaru ikut bersaing mengikuti lomba karya ilmiah dengan tema "Safety Transport For Indonesia's Future (transportasi aman untuk masa depan Indonesia).

Pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas ini digelar di Ruang Rapat Gosong Bangau Dishub Kotabaru, Selasa (1/8/2023).

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan keselamatan dan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan berlalu lintas.

Event ini untuk memotivasi pelajar agar dalam kondisi apapun tetap mematuhi ketentuan dan peraturan perundang-undangan lalu lintas, serta bisa menjadi teladan ataupun pelopor bagi teman-teman, keluarga dan lingkungannya untuk selalu tertib dalam berlalu lintas.

Serta diharapkan dapat menciptakan inovasi yang dapat membantu dalam mengoptimalkan tertib berlalu lintas dan keselamatan jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kotabaru, Khairian Anshari, kegiatan ini sudah vakum 5 tahun, dan pihaknya melaksanakan kembali yang diharapkan dapat meningkatkan indeks pembangunan pemuda dalam sadar disiplin berlalu lintas.

"Dengan komitmen tersebut kita ingin meningkatkan indeks pembangunan pemuda, Dinas Perhubungan Kotabaru ingin berkontribusi untuk peningkatan indeks pembangunan pemuda salah satunya kegiatan ini," ucapnya.

Sesuai dengan tugas, pokok dan fungsinya masing-masing dan agar dapat meningkatkan kesadaran dan memotivasi akan sadar dengan peraturan berlalu lintas, dan bagi pelajar yang terbaik dalam pemilihan pelopor pelajar keselamatan lalu lintas ini akan mewakili Kotabaru ke tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

"Bagi pelajar belum menjadi terbaik, kita akan coba merangkul mereka dalam satu komunitas semacam pelajar tertib berlalu lintas, sehingga melalui merekalah bisa menjadi contoh dalam disiplin berlalu lintas," sebutnya.

Selain itu, Ia mengimbau kepada masyarakat khususnya Kotabaru untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas dan selalu menggunakan helm demi kesalamatan dalam berlalu lintas.

"Terkhusus dalam kota seperti, rambu-rambu, marka dan traffic cukup untuk mengatur tertibnya berlalu lintas," ujarnya.

Kegiatan ini digelar bersama Satlantas Polres Kotabaru. Kampung tertib berlalu lintas yang dibangun dengan tujuan tidak lain mendorong, menggerakkan masyarakat untuk selalu senantiasa tertib berlalu lintas demi keselamatan dan bukan hanya takut untuk ditilang.

Seperti hal tersebut, lanjutnya, harus menggunakan helm agar tidak ditilang oleh Satlantas Polres Kotabaru, dan ini demi keselamatan dalam melindungi diri kita sendiri ketika berkendaraan.

Seleksi ini diikuti sebanyak 14 peserta yang telah lolos seleksi pada ujian tertulis. Setiap peserta diberi waktu 10 menit untuk pemaparan dan 10 menit untuk tanya jawab dan penilaian dari materi, kemampuan presentasi, tanya jawab dan karya tulis.

"Para pelajar terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dan bagi terbaik akan mewakili Kotabaru dalam pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 14 hingga 16 Agustus 2023," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama