Tingkatkan Produktivitas Petani, 7 Desa di Paringin dapat Bantuan Alsintan dan Hibrisida

Tingkatkan Produktivitas Petani, 7 Desa di Paringin dapat Bantuan Alsintan dan Hibrisida

KETUA TP-PKK Balangan, Hj. Sri Hurayati Hadi saat menyerahkan ke salah satu kelompok Tani.| foto : istimewa

PARINGIN - Sebanyak tujuh desa di Kecamatan Paringin mendapatkan bantuan berupa hand sprayer, hibrisida, dan mesin rontok padi. 
 
Bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Ketua TP-PKK Balangan, Hj. Sri Hurayati Hadi, bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) sertai Ketua Koordinator BPP Kecamatan Paringin, di Halaman Kantor BPP Paringin, Selasa (29/8/2023). 

Koordinator BPP Kecamatan Paringin, Eka Hastuti menyambut baik bantuan diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kecamatan Paringin. 

"Kelompok  tani yang menerima bantuan tersebut dari beberapa desa, sedikitnya ada tujuh Desa  di Kecamatan Paringin yang menerima bantuan," jelasnya. 

Ia berharap bantuan tersebut dapat membantu petani meningkatkan hasil panen mereka dan menunjang perekonomian lokal.

Peralatan yang diberikan, seperti hand sprayer, akan membantu petani dalam mengendalikan hama dan penyakit tanaman. Sementara itu, mesin rontok padi akan mempermudah proses panen, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya tenaga kerja.

"Diharapkan petani dapat menggunakan alat-alat tersebut dengan optimal untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah Kecamatan Paringin," harapnya. 

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Balangan, Hj. Sri Hadi, juga menyampaikan harapannya terhadap penggunaan bantuan tersebut. 

Ia berharap alat-alat tersebut dapat bermanfaat dan berdampak positif terhadap kesejahteraan petani di Kecamatan Paringin.

"Dengan meningkatnya hasil panen, diharapkan juga akan terjadi peningkatan pendapatan petani serta pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut," ujarnya. 

Bagi Sri, bantuan ini menjadi salah satu langkah nyata dalam mendukung pertanian dan petani lokal, sehingga diharapakan bantuan ini tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga membantu petani menjadi lebih mandiri dan mampu membangun keberlanjutan usahanya. 

"Dengan demikian, pertanian di Kecamatan Paringin dapat terus berkembang dan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.[agus/adv]

Lebih baru Lebih lama