Pers Kalteng Berduka, Mantan Ketua PWI Kalteng Tiga Periode Tutup Usia

Pers Kalteng Berduka, Mantan Ketua PWI Kalteng Tiga Periode Tutup Usia

PULANG PISAU - H Sutransyah, Wartawan senior Kalteng yang juga pernah menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng selama tiga periode, berpulang ke Rahmatullah.

Almarhum menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (6/9/2023) sekitar pukul 19.00 WIB, di RSI PKU Muhammadiyah Palangka Raya.

Almarhum meninggal dunia pada usia 58 tahun. Kabar duka itupun sontak membuat terkejut dan sekaligus menjadi duka yang mendalam di kalangan pers Kalteng.

Tokoh wartawan senior itu pun, disemayamkan di rumah duka Jalan Temenggung Usin RTA Milono km 8 Kota Palangka Raya. 

Jenazah akan dimakamkan di pemakaman Muhammadiyah Jalan Sabaru Kereng Bangkirai setelah salat zuhur, Kamis (7/9/2023).

Tak dipungkiri, Almarhum H Sutransyah dikenal sebagai sosok wartawan yang banyak melahirkan generasi pers di Kalteng. Hal itu terbukti dengan tangan dinginnya banyak  melahirkan tokoh Kalteng yang berhasil dan sukses, baik di dunia jurnalistik, lingkungan kampus, abdi negara, bahkan politisi.

Karirnya sebagai wartawan pun tak diragukan lagi. Dimana, almarhum mengawali karirnya hanya sebagai loper koran hingga menduduki jabatan Ketua PWI Kalteng periode 2000-2005, 2009-2014, 2014-2019. 

Dan saat ini, almarhum juga menduduki Ketua SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kalteng.

Almarhum pun pada 2019 lalu, tercatat sebagai pemegang Pers Card Number One (PCNO) yang dikeluarkan PWI Pusat pada peringatan Hari Pers Nasional di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

"Kita tentu sangat kehilangan sosok panutan di bidang jurnalistik. Teladan yang banyak mempengaruhi perkembangan pers di Kalteng,” kata Ketua PWI Kalteng, M Harris Sadikin dalam siaran persnya, Kamis (7/6/2023) pagi.

Selama menjadi Ketua PWI, Harris menyebut, almarhum banyak mencetuskan program berbasis pengembangan sumber daya wartawan.

"Beliau termasuk orang yang berjuang, sehingga terselenggaranya Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Kalimantan Tengah. Tidak hanya di Kalimantan Tengah, sosok beliau dikenal lingkungan pers hampir di seluruh Indonesia," ucap pria yang sekarang menjabat Ketua PWI Kalteng.

Kiprah beliau di PWI, ungkap Harris, banyak membuat gebrakan dalam upaya membangun sumber daya wartawan. Antara lain, pada 2016, untuk pertama kalinya PWI Kalteng berhasil meraih juara 3 nasional dalam perhelatan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Bandung, Jawa Barat. Ketika itu, almarhum langsung yang memimpin kontingen Kalteng, selaku Ketua PWI.

"Beliau telah meletakkan dasar, dan pondasi yang kokoh untuk organisasi PWI. Apa yang kami jalankan sekarang, tiada lain melanjutkan perjuangan beliau yang dasar pondasinya sudah sangat kuat. Cukup banyak peran, dan pengorbanan beliau untuk PWI Kalteng, termasuk kepada saya secara pribadi," tegas Harris mengungkapkan.

"Selamat jalang bang Sutran, semoga husnul khotimah dan segala amal perbuatannya diterima Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkannya diberikan ketabahan serta keikhlasan," ucap Harris mendoakan.[rilis/kenedy/manan]
Lebih baru Lebih lama