Didampingi Wagub, Gubernur Sugianto Sambangi Lokasi Karhutla di Desa Taruna

Didampingi Wagub, Gubernur Sugianto Sambangi Lokasi Karhutla di Desa Taruna

GUBERNUR dan Wagub Kalteng kunjungi lokasi karhutla di Desa Taruna Kabupaten Pulang Pisau.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Usai memimpin rapat koordinasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Inflasi dan Ketahanan Pangan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (5/10/2023).

Gubernur H Sugianto Sabran beserta Wakil Gubernur H Edy Pratowo, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Muhamad Agung Budijono, Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani beserta unsur Polres Pulang Pisau dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait meninjau lokasi karhutla di wilayah Taruna, Kabupaten Pulang Pisau.

Menempuh perjalanan dengan mengendarai kendaraan roda empat, rombongan tiba di titik lokasi Desa Taruna dan melihat secara langsung kondisi faktual di sana, dimana tampak api masih menyala.  

Sebagaimana disampaikan Gubernur dalam rakor, karhutla telah terjadi di sebagian besar wilayah Kalteng yang meluas mulai tanggal 24 September 2023. Hal tersebut disebabkan oleh El Nino moderat yang lebih tinggi dibanding tahun 2019 El Nino lemah. 

"Saya minta agar penanganan karhutla dilakukan bersama-sama seluruh pihak terkait. Selain itu diperlukan juga mitigasi atau pemetaan baik wilayah terbakar maupun kendala yang dihadapi agar dapat dicari jalan keluarnya bersama-sama," tegasnya.[kenedy/adv]
Lebih baru Lebih lama