Ini Laporan Insyafi di Harlah ke-8 LPPL Radio H2FM Pulang Pisau

Ini Laporan Insyafi di Harlah ke-8 LPPL Radio H2FM Pulang Pisau

PULANG PISAU - Genap berusia 8 tahun, lembaga penyiaran publik lokal atau LPPL Radio H2FM menggelar syukuran dengan prosesi potong tumpeng dan makan-makan bersama.

Selain hal itu, pihak radio sekaligus melaunching aplikasi streaming berbasis android tabe siar radio H2FM yang diresmikan langsung Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andrian di Studio LPPL Radio H2FM, Jalan Darung Bawan, Kota Pulang Pisau, Rabu (25/10/2023).

"Kita tentu bersyukur LPPL radio kita sudah berusia 8 tahun. Ini tentu dukungan dari seluruh pihak, khususnya management beserta kru kita sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar sampai saat ini," kata Kadiskominfostandi Pulang Pisau Moh Insyafi yang sekaligus Direktur Utama (Dirut) LPPL Radio H2FM Pulang Pisau.

"Dikesempatan ini pula, kami sekaligus melaunching aplikasi streaming berbasis android tabe siar radio H2FM yang sudah diresmikan langsung oleh Ibu Pj Bupati kita," ujar Insyafi.

Berikut laporan Dirut LPPL Radio H2FM Pulang Pisau;

1. Harlah ke-8 LPPL Radio H2FM Pulang Pisau merupakan acara syukuran yang pertama kali diselenggarakan oleh pihak radio.

2. Radio H2FM sebenarnya berdiri sejak tahun 2008 dengan nomenklatur radio siaran pemerintah daerah atau RSPD dibawah pengelolaan bagian humas dan protokol Setda Kabupaten Pulang Pisau.

3. Perubahan nomenklatur RSPD menjadi LPPL terjadi di tahun 2015 seiring dengan ditetapkannya Perda nomor 11 tahun 2015 tentang pendirian LPPL radio Handep Hapakat Kabupaten Pulang Pisau, yang ditetapkan 1 Oktober 2015.

4. Harlah ini dihitung sejak terbitnya perda nomor  11 tahun 2015, sehingga pada bulan Oktober diperingati harlah nya 

5. Sejak tahun 2017 secara struktural radio ini dibawah pengelolaan Diskominfostandi Pulang Pisau 

6. LPPL Radio H2FM mendapatkan ijin prinsip pada 2018, dan pada tahun 2019 mendapatkan ijin tetap dari Kementerian Kominfo RI, yakni ijin penyelenggaraan penyiaran (IPP) dan ijin stasiun radio (ISR) di frekuensi 94,1 MH.

7. Tim inti penyelenggara siaran LPPL Radio H2FM Pulang Pisau, 
- Penanggungjawab asisten III Setda Pulang Pisau 
- Direktur Utama Kadiskominfostandi Pulang Pisau Moh Insyafi
- Kepala Studio Kabid Layanan Komunikasi Publik  Diskominfostandi Pulang Pisau
- Divisi penyiaran Juandi
- Divisi pemberitaan James
- Divisi teknis Adi Waskito (Dudenk)
- Divisi Usaha, promosi dan pelaporan 
- Divisi Administrasi dan Keuangan Melisa 
- Reporter Ayu dan Jemy
- Penyiar tetap, Wulan, Widya, Ridan, Risa dan Putri 
- Penyiar tidak tetap Mansur
- CO Penyiar Mang Inji dan Mang Inoor
- Petugas kebersihan Nurul
- Penjaga malam Jumran 

8. Program berita radio H2FM : Selamat pagi Pulang Pisau, kabar Handep Hapakat, kabar siang, berita Kalteng (siaran berjenjang dengan RRI Palangka Raya).

9. Program hiburan unggulan : Nuansa etnis Kalteng, etnis Kalsel, campursari, dan fans berdendang.

10. Program siar instansi vertikal seperti jaksa menyapa, halo polisi, panggilan pengadilan agama, dialog pengadilan negeri, talkshow BPS, Kantor Pajak (KP2KP), PLN, Harapan kami, perangkat daerah lingkup Pemkab Pulang Pisau, juga memanfaaatkan siaran radio untuk diseminasi informasi, sosialisasi kebijakan, dan publikasi program pembangunan daerah

11. Segmen pendengar radio H2FM, sebagian masyarakat perkotaan, dan sebagian besar masyarakat pedesaan dengan beragam usia dan profesi.

12. Jangkauan siaran radio H2FM dengan kapasitas pemancar 2.000 Watt (pernah kena petir) menjangkau wilayah kecamatan Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Maliku, sebagian Pandih Batu, sebagian Kahayan Kuala, dan sebagian Sebangau Kuala, sedangkan kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang belum dapat dijangkau dengan siaran terestrial.

13. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan jangkauan siaran sekaligus untuk mengikuti perkembangan teknologi digital, melalui tugas Diklat PKA Kabid Layana Komunikasi Publik Wardoyo. Ia membuat aksi perubahan berupa pembuatan aplikasi streaming radio berbasis android "Tabe Siar Radio H2FM".

14. Penggunaan nama Tabe Siar Radio H2FM adalah dengan pertimbangan kearifan Salam Siar. Tabe Siar sendiri merupakan akronim dari streaming berbasis android.

15. Aplikasi ini dari diunduh di play store dengan cara diinstal di HP android, dan siaran radio H2FM pun dapat diakses melalui HP dimanapun berasa selama HP terkoneksi dengan jaringan internet.

16. Jadi saat ini siaran radio H2FM dapat diakses melalui 3 saluran, yakni radio konvensional di frekuensi FM 94,1 MH, streaming di website dan melalui aplikasi android Tabe Siar Radio H2FM

17. Harapan dari teman-teman radio H2FM kepada Pemkab setempat agar dapat dibantu; peralatan berupa mixer broadcast, UPS Stabilizer, mikropon, headphone, kamera live medsos, komputer, saramonic. Kemudian, Anggaran produksi, konten layanan masyarakat, talk show live report, liputan dan lainnya serta rehab bangunan gedung radio H2FM.[manan]
Lebih baru Lebih lama