Komitmen Penurunan Angka Stunting, Dinkes Barsel Gelar Kegiatan Gerakan Ibu Hamil

Komitmen Penurunan Angka Stunting, Dinkes Barsel Gelar Kegiatan Gerakan Ibu Hamil

BUNTOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan kegiatan Gerakan Ibu Hamil Sehat tahun 2023. Ini dilakukan sebagai upaya penurunan angka stunting. 

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan memberikan edukasi dini pada ibu mengandung guna mengantisipasi angka kematian Ibu.

"Program ini telah direncanakan dan menindaklanjuti dari pihak Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Tujuannya tentu untuk memberikan edukasi kepada ibu hamil, edukasi saat melahirkan, menjaga kesehatan dengan baik sehingga persalinan lancar dan bayi yang dilahirkan sehat," ucap Kepala Dinkes Barsel, drg. Daryomo Sukiastomo, Jumat (20/10/2023).

Menurutnya, angka stunting turut menjadi salah satu faktor utama yang diperhatikan Dinkes Barsel. Karena pada tahun 2022 lalu angka stunting cukup tinggi, yakni mencapai 35,6 persen.

Namun, lanjutnya, berkat upaya pemerintah dan seluruh elemen, salah satunya dengan Pj Bupati mengeluarkan Gerakan Tim Pembina Posyandu kemudian program Bapak Asuh, maka penurunan stunting pun teratasi.

"Dengan adanya program-program tersebut, angka stunting di Barsel  telah turun menjadi 19,89 persen, menurut Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM)," paparnya.

Dijelaskannya, kegiatan Ibu Hamil Sehat ini berlangsung dengan talkshow, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan gizi.

Kemudian, edukasi melalui dokter spesialis pemberian PMT dan menyampaikan beberapa hal penting yang harus di perhatikan untuk menghindari stunting.

"Edukasi akan terus kami lakukan di kota maupun desa desa, agar para ibu terus memperhatikan hal ini. Kemudian, kami juga akan jemput bola untuk menyampaikan hal ini secara langsung,” pungkasnya.[adv]


Lebih baru Lebih lama