Lapas Kotabaru Tingkatkan Pelayanan Humanis bagi Pengunjung WBP

Lapas Kotabaru Tingkatkan Pelayanan Humanis bagi Pengunjung WBP

KOTABARU - Lapas Kelas IIA Kotabaru selalu berupaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan yang diberikan Lapas Kotabaru yakni, layanan kunjungan tatap muka dan bermain anak, Selasa (17/10/2023).

Layanan kunjungan tatap muka ini diberikan Lapas Kotabaru dengan tetap mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh Lapas Kotabaru, dengan layanan yang dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan 11.30 Wita. Ini dengan ketentuan, yakni pada hari Senin, Rabu, Sabtu untuk Narapidana dan pada hari Selasa dan Kamis untuk Tahanan.

Kalapas Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yambise mengatakan, bagi keluarga pengunjung mendapatkan kesempatan bertemu 2 kali dalam 1 minggu.

Syarat dan aturan yang harus dipenuhi oleh pengunjung, yaitu membawa tanda pengenal seperti KTP, dan datang sesuai jadwal besukan, tidak membawa barang terlarang serta mengenakan pakaian yang sopan.

"Sebelum pengunjung bertemu dengan Warga Binaan Pemasyarakatan, pengunjung diwajibkan mendaftarkan diri pada pelayanan PTSP Kotabaru, setelah itu petugas akan melakukan penggeledahan terlebih dahulu terhadap badan dan barang bawaan," ucap Yosef.

Bagi pengunjung yang membawa alat komunikasi seperti handphone harus menitipkannya terlebih dahulu di loker penitipan yang telah disediakan oleh petugas, dimana kartu nomor loker tersebut di pegang oleh pengunjung yang bersangkutan.

"Hal ini untuk memberikan jaminan keamanan barang  pengunjung, dan setelah itu pengunjung melaksanakan kunjungan di ruangan kunjungan atau tempat yang sudah kami sediakan," tuturnya.

Kalaps juga menyampaikan bahwa Lapas Kotabaru selalu menyuguhkan pelayanan yang humanis termasuk pada saat Layanan Kunjungan Tatap Muka, pelayanan dengan perpaduan antara sikap sopan dan tutur kata yang ramah dari kami diharapkan dapat membuat para pengunjung nyaman dan bahagia sehingga akan berdampak kepada anak-anak kami Warga Binaan.

"Untuk menciptakan suasana  kunjungan yang humanis dan ini merupakan wujud komitmen kami dari Lapas Kotabaru yang sangat penting untuk terus dilakukan,” ujar Yosef.

Yosef menambahkan, pada saat layanan bagi pengunjung datang bersama anak-anaknya, Lapas Kotabaru sudah tersedia berbagai fasilitas seperti hiburan band musik dari Warga Binaan, fasilitas bermain anak, tempat duduk yang dihiasi berbagai jenis bunga dan yang lainnnya.

"Selain itu, kami juga mengedepankan sikap humanis untuk memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk belajar menanam hidroponik dengan pengajarannya dari Warga Binaan Lapas," kata Yosef.

Di kesempatan itu, Rudi salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan mengatakan, Lapas Kotabaru sudah jauh berbeda dengan waktu yang lalu.

"Yang mana selama ini kami merasa seperti di Asrama, dan kami bersama keluarga yang berkunjung sangat bahagia dengan suasana Lapas seperti di asrma sehingga kami kadang lupa dengan Hukuman kami sendiri," terang Rudi.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama