Optimalkan Pengelolaan Sampah, Dinas PUPR Barsel kembali Bangun TPS-3R

Optimalkan Pengelolaan Sampah, Dinas PUPR Barsel kembali Bangun TPS-3R

KABID Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perumahan DPUPR Barsel, Kusnardi.| foto : deni

BUNTOK - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, pada tahun 2023 ini kembali membangun Tempat Pembuangan Sampah-Reduce, Reuse, Recycle (TPS-3R). Ini dilakukan untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah.

Sistem pengelolaan atau pengolahan sampah itu adalah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah serta penapis kompos yang lebih efektif dan efesien.

Pembangunan TPS-3R pada 2023 ini berada di Desa Pamait, Kecamatan Dusun Selatan Barsel.

"Sebelum sampah tersebut dibuang ke TPA akan dikelola terlebih dahulu oleh masyarakat pada TPS-3R tersebut," terang Kepala Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Perumahan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barsel, Kusnardi, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, pelaksanaan kegiatan pembangunan TPS-3R di Desa Pamait ini sedang berjalan perkembangannya sekitar 20 persen.

Untuk pembangunannya, mulai dari perencanaan, pembangunan dan pengawasan TPS-3R, dilakukan masyarakat, namun tetap didampingi melalui fasilitator dari Dinas PUPR.

TPS-3R yang sudah dibangun pada tahun-tahun sebelumnya, yakni di Desa Mabuan, Sababilah, Danau Sadar, dan di Jalan Karau Buntok. Pengelolaannya pun sudah berjalan

"Pasca pembangunan TPS-3R, pihaknya akan tetap mendampingi dengan memberikan dana operasional selama tiga tahun," pungkasnya.[deni]

Lebih baru Lebih lama