Partisipasi Konkret, IWO Barsel Gelar Pelatihan Jurnalistik Konten Digital

Partisipasi Konkret, IWO Barsel Gelar Pelatihan Jurnalistik Konten Digital

BUNTOK - Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Barito Selatan (Barsel)  menggelar pelatihan Jurnalistik Konten Digital, di aula DPRD setempat di Jalan Pelita Raya Kota Buntok, Jumat (6/10/2023).

Pelatihan ini diharapkan mampu memperkuat kerja jurnalistik searah kemajuan perkembangan digital.

Pelatihan sendiri menghadirkan sejumlah narasumber dari Pengurus Wilayah (PW) IWO Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Turut hadir Ketua PW IWO Kalteng, Deni Liwan berserta jajarannya,  Penasihat PD IWO Barsel, HM Farid Yusran serta jajaran pengurus IWO Barsel.

Pelatihan ini diikuti dari berbagai  perkumpulan organisasi pers bersama 30 orang. Bahkan peserta merupakan wartawan dari berbagai media sekitar yang tertarik pada dunia jurnalistik konten digital.

Dalam sambutannya, Ketua IWO Kalteng, Deni Liwan mengapresiasi pelatihan Jurnalistik Konten Digital ini. 

Menurutnya, pelatihan ini relevan dengan perkembangan dunia jurnalistik seiring kemajuan digital. 

"Pelatihan ini diberikan kepada wartawan untuk menjadi bekal penting mereka saat nanti  bertugas di lapangan," tutur pria kelahiran Barito Selatan ini kepada awak media.

Deni menambahkan, edukasi melalui pelatihan ini sangat relevan dengan perkembangan baru media online, sebagai salah satu entitas penting dalam menguatkan peradaban. Tentu juga diperlukan penguatan pengetahuan dan skill wartawan di lapangan.

Ia menjelaskan, realitasnya media online atau siber saat ini bertumbuh dalam keragaman. Ada regulasi kuasa dalam proses produksi, distribusi maupun konsumsi isi media online.

Diperlukan kecakapan agar jurnalis bisa memiliki daya tahan di tengah fenomena media yang memasuki konvergensi.

“Salah satu skill yang diperlukan tentunya jurnalis online dan video. Agar bisa membuat, mengisi dan mengembangkan konten video di media digital secara lebih baik, berkualitas dan berlandaskan tanggungjawab sosial,” pungkasnya.[]

Lebih baru Lebih lama