Peringati HUT ke-78 TNI, Kasdim Kotabaru Sampaikan Amanat Panglima

Peringati HUT ke-78 TNI, Kasdim Kotabaru Sampaikan Amanat Panglima

KOTABARU - Di Kabupaten Kotabaru, upacara peringatan HUT ke-78 TNI dipusatkan di Lapangan Mako Lanal Kotabaru, Jalan Yos Soedarso No 1 Desa Stagen, Kamis (5/10/2023).

Upacara yang dikomandai Lettu Inf Gabriel L.B dari Kodim 1004/Kotabaru ini diikuti personel dari Kesatuan Kodim 1004/Kotabaru, Lanal Kotabaru, Danpos TNI-AU Bandara GSA Kotabaru, serta Polres Kotabaru. 

Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1004/Kotabaru, Mayor Arm Agus Surya Sulendra. Ia juga membacakan amanat Panglima TNI.

Ia mengatakan, TNI hadir sebagai benteng terdepan, berbagai tantangan telah berhasil dilalui. Berdasarkan survei TNI Republik Indonesia banyak mendapatkan pujian dari negara lain, dan beragam tantangan yang dihadapi tentu tidaklah ringan di mana sebelumnya menghadapi Covid-19 yang cukup panjang perjalanannya sehingga banyak mengalami konflik dan ketidakpastian, serta beragam ancaman menjadi kompleks.

Peringatan HUT Ke-78 TNI, mengusung tema  "TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju" kelancaran dan kesuksesan akan menentukan kehidupan berbangsa. Untuk itu, para prajurit TNI agar peka dan mampu menjamin keamanan dalam pemilu tahun 2024 mendatang.

Lebih lanjut Kasdim menyampaikan dalam amanatnya, dengan perkembangan teknologi ini, sehingga TNI mampu mangadopsi serta membentuk inovasi, dan rekayasa dalam menjaga serta memberdayakan industri yang ada didalam negeri.

"TNI harus tetap menjadi pagar dan pertahanan NKRI, sebagai bentuk sistem pertahan dimaksudkan dapat bersinergi, tentunya melibatkan seluruh elemen bangsa," terangnya.

Untuk itu, Ia mengajak untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berpegang teguh pada amanat dan sapta marga juga sumpah prajurit dan kemanunggalan. Di samping itu, laksanakan tugas dengan benar dan komitmen untuk netralitas TNI. Ikuti peraturan yang ditetapkan, jalin sinergitas dengan Polri serta seluruh lembaga dan komponen terkait.

Di akhir amanatnya Panglima TNI mengimbau untuk menjaga nama baik TNI, di manapun berada. Selalu ingat institusi TNI secara umum. Panglima TNI mengharapkan semoga Allah Swt meridoi setiap langkah prajurit TNI untuk menjaga keutuhan NKRI.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama