Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Wagub Kalteng

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Wagub Kalteng

WAGUB Edy saat pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di lingkungan Provinsi Kalteng. |foto: istimewa


PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Edy Pratowo pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di lingkungan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berlangsung di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Minggu (1/10/2023).

Tema yang diusung pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini adalah "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Wagub usai pimpin upacara, Wagub menyampaikan bahwa seyogyanya upacara akan dilangsungkan diluar ruangan namun saat ini udara di Kota Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir sedang tercemar oleh polusi asap akibat Karhutla sehingga dilaksanakan di dalam ruangan.

"Hari ini kita memperingati hari Kesaktian Pancasila, ini kita jadikan momentum untuk mengenang para Pahlawan Revolusi yang telah gugur pada saat peristiwa G30S/PKI. Tentunya makna yang kita ambil dari  Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini bahwa kita memiliki pedoman, pandangan dasar, falsafah negara, Pancasila sebagai benteng kekuatan kita yang terkandung di dalam lima sila Pancasila tersebut," tutur Edy.

'Tentunya lima kekuatan tersebut yang terkandung di dalam sila-sila Pancasila, kita berharap dapat terus memperkokoh kebersamaan, kekompakan sehingga negara kita semakin kuat, semakin maju di masa akan datang untuk bersaing dengan negara luar," imbuhnya.

Ia berharap melalui Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dari peristiwa G30S/PKI agar dapat mengambil pelajaran akan pentingnya sikap mencintai tanah air, menjunjung tinggi dasar negara, dan mengamalkan pancasila.[adv]

Lebih baru Lebih lama