Purna Paskibraka, KNPI, Ormas Kepemudaan dan Pramuka Ikuti IBAB dan HSP di Kapuas

Purna Paskibraka, KNPI, Ormas Kepemudaan dan Pramuka Ikuti IBAB dan HSP di Kapuas

PULANG PISAU - Sebanyak 59 orang peserta dari kalangan pemuda di Kabupaten Pulang Pisau, mengikuti mengikuti peringatan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) dan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan dilaksanakan di Kabupaten Kapuas.

Puluhan peserta dilepas langsung secara resmi oleh Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani di Aula Banama Tingang Kantor Bupati Pulang Pisau, Kamis (26/10/2023). 

Acara pelepasan yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol Pulang Pisau) ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Pulang Pisau Sugondo dan dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Pulang Pisau, Perwakilan dari Forkopimda, beberapa Kepala OPD lingkup Pemerintahan Kabupaten Pulang Pisau serta para undangan lainnya.

Dalam poin sambutannya, Pj Bupati Pulang Pisau mengatakan bahwa ikrar bersama anak bangsa atau IBAB ini merupakan bagian dari kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023, dengan mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia".

Dimana, lanjut Pj Bupati, makna dari tema tersebut menggambarkan semangat para pemuda Indonesia untuk saling bergandengan tangan dan bekerjasama demi memajukan bangsa.

"Jadi, tema ini juga selaras dengan komitmen para pejuang saat mendeklarasikan sumpah pemuda pada 28 Oktober tahun 1928 silam. Dimana, saat itu para pemuda menyamakan persepsi antar organisasi kepemudaan di Indonesia sehingga terwujudnya dasar pokok lahirnya persatuan Indonesia," ungkap Hj Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Di hadapan para rombongan peserta, Ia (Pj Bupati Pulang Pisau) berpesan untuk selalu menjaga nama baik kabupaten, keluar dan perilaku diri masing-masing saat kegiatan berlangsung. Artinya, manfaatkanlah kesempatan ini untuk berbaur an berbagi cerita dan pengalaman dengan para pemuda-pemudi dari kabupaten lain di wilayah Kalimantan Tengah.

"Karena masa muda tidak dapat diulang kembali, dari itu saya juga berpesan patuhi lah setiap instruksi dari panitia dan ikutilah setiap rangkaian yang telah ditentukan panitia, agar tidak terjadi miskomunikasi. Juga persiapkan perbekalan dan fisik dengan harapan saat mengikuti rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar," pintanya.

"Hari ini kita lepas, besok mereka berangkat dan memulai kegiatan hingga rapat pada tanggal 28 Oktober sebagaimana tanggal tersebut diperingatinya Hari Sumpah Pemuda," tambah Hj Nunu.

Sementara informasi dihimpun, tujuan dilaksanakan kegiatan ini tidak lain untuk memantapkan nilai, jiwa, dan semangat Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Kemudian, untuk menumbuhkembangkan karakter dan memperkokoh jati diri bangsa, mendorong pemuda sebagai pelopor semangat kebangsaan dalam kebhinekaan, mendorong pemuda untuk berpikir cerdas dan berprestasi, dan mempererat rasa kesatuan dan kebangsaan serta memacu pemuda sebagai pelopor dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Sedangkan kontingen Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) Kabupaten Pulang Pisau ini diikuti oleh Purna Paskibraka Kabupaten Pulang Pisau, KNPI, Ormas Kepemudaan, Pramuka, dan di dampingi oleh panitia yang dibentuk oleh Badan Kesbangpol dan Disbudporapar Kabupaten Pulang Pisau, dengan total kontingen peserta beserta panitia sebanyak 59 Orang.[manan]
Lebih baru Lebih lama