Ratusan Hewan Peliharaan di Kapuas Mendapat Suntikan Vaksin Gratis

Ratusan Hewan Peliharaan di Kapuas Mendapat Suntikan Vaksin Gratis

KEGIATAN suntik vaksin rabies gratis Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas.| foto : sr/istimewa 

KUALA KAPUAS - Ratusan hewan peliharaan di Kabupaten Kapuas mendapatkan vaksinasi rabies gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kapuas, Kalteng.

Kepala Distan Kapuas Yaya, Senin (9/10/2023) mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati World Rabies Day atau Hari Rabies Sedunia tahun 2023.

"Tim dari Distan Kapuas menyiapkan sebanyak 200 dosis suntikan, dengan pelaksanaan kegiatan di empat lokasi," Kata Kepala Distan Kapuas, Yaya.

Pelaksanaan pemberian vaksin rabies tersebut yaitu di halaman Dinas Pertanian Kapuas, selanjutnya dilakukan dengan sistem jemput bola di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Tamban Catur, Mantangai dan Kecamatan Basarang.

"Untuk di halaman Dinas Pertanian Kapuas, para pemilik hewan peliharaan yang datang langsung membawa hewannya untuk disuntik vaksin. Sedangkan untuk di kecamatan, tim kami jemput bola secara door to door atau mendatangi rumah warga yang memiliki hewan peliharaan untuk diberikan suntik vaksin rabies," terang Yaya.

Menurutnya, vaksin rabies penting sekali dilakukan untuk mencegah mewabahnya penyakit rabies.

Ia menambahkan, di tahun 2023 ini alokasi vaksin rabies untuk Kabupaten Kapuas totalnya hanya 500 dosis, tidak sebanding dengan banyaknya hewan peliharaan di wilayah setempat. 

"Tahun 2022 lalu kita dapat alokasi vaksin 2.300 dosis, tahun ini menurun hanya 500 dosis. Sehingga untuk mengatasi terbatasnya alokasi vaksin dari pusat ini, kami akan menambah kouta vaksin pada anggaran perubahan tahun 2023 ini," tutup Yaya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama