Sambut HKN ke-59, Dinkes Kotabaru Gelar Lomba Kader Posyandu Jambore 2023

Sambut HKN ke-59, Dinkes Kotabaru Gelar Lomba Kader Posyandu Jambore 2023

KOTABARU - Dinas Kesehatan Kotabaru menggelar Lomba Jambore Kader di Aula Serbaguna Dojo Kodim 1004/kotabaru, Senin (30/10/2023). Lomba ini diikuti kurang lebih 300 kader Posyandu se-Kotabaru.

Jambore Kader Posyandu dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 ini bertujuan untuk memberikan penghargaan serta meningkatkan keterampilan, wawasan dan pengetahuan kader dalam penyelenggaraan posyandu,

Jambore ini tentunya juga untuk meningkatkan peran serta kader Posyandu dalam mewujudkan generasi balita dan ibu-ibu Kotabaru yang sehat, demi mewujudkan Generasi Emas Kabupaten Kotabaru Cemerlang.

Sebanyak 44 Posyandu dari 2 Kecamatan, seperti Kecamatan Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Sigam ambil bagian dalam kegiatan ini, di antaranya lomba yel-yel, pemberian makanan tambahan (PMT), makanan pendamping ASI (MPASI).

Kader posyandu merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan dan melakukan penyuluhan, cipta menu serta penggerakan sasaran Posyandu.

Kader Posyandu juga merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Erwin Simanjuntak mengharapkan dari kegiatan ini dapat menekan angka stunting di Kabupaten Kotabaru.

"Berbagai perlombaan yang dilaksanakan salah satunya adalah PMT, Pemberian Makanan Tambahan, yang mana nantinya para kader bisa memberikan PMT yang baik dan bagus nanti di posyandu, sehingga harapan kedepannya kita bisa menekan angka stunting di Kabupaten Kotabaru," jelasnya 

Erwin menambahkan, dilaksanakannya jambore ini agar kader-kader di Posyandu bisa membuat gizi untuk makanan. Jambore ini berjenjang di tingkat Kabupaten yang nantinya diberangkatkan pada tanggal 1 ke Jambore tingkat Provinsi di Kiram Banjarbaru, 1 hingga 3 November 2023.

Sementara itu, salah satu kader Posyandu mengatakan, kegiatan jambore ini sangat meriah dan terus harus dikembangkan.

"Harapan saya semoga Jambore selanjutnya bisa lebih banyak lomba dan kegiatan-kegiatan yang bersifat edukatif, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan para kader Posyandu Kotabaru khususnya," harapnya.

Kegiatan ini mencerminkan program Pemerintah yang dilakukan dan tetap memberdayakan masyarakat untuk bersama membangun Kotabaru menjadi lebih baik.(zainuddin]

Lebih baru Lebih lama