Virtual, Sahli Gubernur Kalteng Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

Virtual, Sahli Gubernur Kalteng Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

SAHLI Gubernur Yuas Elko saat hadiri Rakor Inflasi Daerah 2023 secara virtual. |foto: istimewa



PALANGKA RAYA - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, 

Yuas Elko menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri RI secara virtual di Ruang Rapat Bajakah Kantor Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (3/10/2023).

Yuas Elko menyebutkan, sesuai hasil paparan dari BPS Pusat Indeks Perkembangan Harga M4 September 2023 secara nasional, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan IPH naik 2 persen dari minggu sebelumnya, dan sebagian besar kenaikan terjadi di wilayah Sumatera.

Komoditas yang mempengaruhi perubahan Indeks Perkembangan Harga (IPH) sampai dengan M4 September 2023 yang mengalami kenaikan, antara lain beras, gula pasir, cabe merah, daging ayam ras, minyak goreng.

"Kita beruntung karena Kalimantan Tengah mengalami inflasinya terendah yaitu 0,11 persen di Kota Palangka Raya dan Sampit, namun tetap harus diwaspadai yaitu untuk komoditas beras dan gula pasir, serta gas LPG, terutama di daerah seperti di Desa Bangkuang harga LPG cukup tinggi," sebutnya.

Walaupun pemerintah daerah telah melakukan operasi pasar, namun harga beras tetap naik. 

"Hal ini perlu kita evaluasi lagi dan bagaimana upaya kita untuk mengatasinya misalnya dengan menambah stok beras dari pusat, mengadakan pasar murah maupun beras bersubsidi lagi" tambahnya.

"Untuk Provinsi Kalimantan Tengah jatah beras kita di Bulog 11,66 ribu ton, diharapkan bisa terus menurunkan harganya pada tingkat pengecer," pungkasnya.

Menurut informasi dari Bulog Kalteng bahwa keadaan harga beras akhir-akhir ini mulai meningkat, sebagai dampak dari El-nino dan kekeringan, sehingga sebagian ada yang tidak menanam dan hasil panennya berkurang, sedangkan permintaannya di pasar masih tetap tinggi, maka harganya bergejolak.[adv]

Lebih baru Lebih lama