BAZNAS Berperan Aktif dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan

BAZNAS Berperan Aktif dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan

PULANG PISAU - Sebanyak 5 orang pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pulang Pisau periode 2023-2028, resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan langsung oleh Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani di aula Banama Tingang kantor bupati daerah setempat, Jumat (3/11/2023).

Adapun nama-nama Pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau yang dilantik adalah  Irami Narsih (Ketua), Hariyanto (Wakil Ketua 1), Asrianoor (Wakil Ketua 2), Drs Sumadi (Wakil Ketua 3), dan Bohari Almawan (Wakil Ketua 4).

Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani dalam sambutannya mengatakan, dengan dilantiknya 5 orang pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau diharapkakn dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai lembaga pemerintah dalam bidang pengumpulan dan pendistribusian zakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

“Kita berharap BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau berperan aktif dalam rangka mengentaskan kemiskinan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, terlebih dalam situasi sekarang ini kondisi perekonomian masyarakat mengalami penurunan akibat dampak globalisasi, seperti terjadinya perang di beberapa Negara di dunia,” ujarnya.

Oleh sebab itu, sebut Pj Bupati, semua pihak memiliki kewajiban untuk bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak perekonomiannya. "Termasuk BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau yang bertugas untuk mengumpulkan zakat dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan," tukasnya.

Sementara Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Tengah Mustain Khaitami mengapresiasi tim seleksi yang telah bekerja maksimal melaksanakan seleksi pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau sehingga menghasilkan 5 orang terpilih berdasarkan tahapan tes tertulis dan wawancara.

"Saya ucapkkan selamat bertugas kepada Pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau yang baru, dan terima kasih pula kepada pimpinan BAZNAS sebelumnya. Saya yakin bapak ibu yang terpilih sebagai pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau dapat menjalankan tugasnya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," ucap Bang Ami begitu sapaan akrabnya.

Perlu diketahui bersama, pimpinan BAZNAS Kabupaten Pulang Pisau yang telah dilantik hari ini merupakan hasil seleksi yang dilaksanakan beberapa waktu lalu oleh tim seleksi yang dibentuk oleh Pemkab Pulang Pisau terdiri dari Staf Ahli Sekretariat Daerah, unsur organisasi keagamaan, Kemenag dan Bagian Kesra Setda Pulang Pisau.

Sementara, selain pelantikan Pimpinan BAZNAS, Bagian Kesra Setda Pulang Pisau juga menggelar Sosialisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tingkat Kabupaten Pulang Pisau. Bertindak selaku narasumber Ketua BAZNAS Provinsi Kalteng Mustain Khaitami, Kepala Kantor Kementerian Agama Pulang Pisau H Amruddin MPd, Staf Ahli Setda Pulang Pisau Iwan Setiawan, dan moderator Kepala Bagian Kesra Veronica.[rilis/manan]

Lebih baru Lebih lama