Berlangsung Dua Hari, Lomba Dayung Perahu Naga Resmi Dibuka

Berlangsung Dua Hari, Lomba Dayung Perahu Naga Resmi Dibuka

PULANG PISAU - Kegiatan lomba dayung Perahu Naga pada turnamen Bupati Cup Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berlangsung selama 2 hari sejak Sabtu hingga Minggu (18-19) November 2023.

Acara dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani di Taman Sumbu Kurung, Sabtu (18/11/2023).

Hadir pada acara pembukaan, Wakil Ketua II DPRD Pulang Pisau, Sentot Siswanto, Ketua KONI Pulang Pisau, Yoppy Satriadi, unsur Forkopimda, sejumlah kepala OPD lingkup Pemkab Pulang Pisau, pengurus berserta anggota PODSI Kabupaten Pulang Pisau dan sejumlah tamu undangan lainnya.

"Adanya lomba dayung ini menjadikan olahraga yang syarat akan makna semakin terawat, disamping manfaatnya untuk kesehatan jasmani juga bisa menumbuhkan semangat sportivitas, berdaya saing dan menjadi wadah mengingatkan kebersamaan dan persaudaraan di Bumi Handep Hapakat yang sama-sama kita cintai," kaya Pj Bupati Pulang Pisau dalam sambutannya.

Ia menyebut, kecintaan pada olahraga dayung menjadi bagian bagi para pengurus PODSI Pulang Pisau dibawah naungan KONI Pulang Pisau untuk memunculkan bibit atlet dayung yang handal.

"Apalagi kita ketahui bersama olahraga dayung bagian dari cabang olahraga atau Cabor andalan daerah kita secara khusus dan Provinsi Kalteng secara umum," ujar Hj Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Oleh karena itu, Pj Bupati Pulang Pisau mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus menjaga kelestarian dan kebersihan DAS Kahayan dari berbagai pencemaran demi kemajuan olahraga dayung di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

"Kalau aliran sungai kita kotor dan tercemar, tentu berpengaruh kepada latihan para atlet dayung kita. Semoga ke depannya kegiatan lomba dayung ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Pulang Pisau," tutupnya.

Secara umum, Ketua Panitia Pelaksana Ferry Yanto dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, guna meningkatkan prestasi atlet dayung Pulang Pisau untuk lebih baik lagi.

"Karena tim dayung kita di Porprov Kalteng 2023 Kotim (Sampit) berhasil meraih 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu serta 4 orang atlet dayung kita terdiri dari 1 putra 3 putri lolos seleksi pra PON dayung Kalteng," katanya.

Ia menyebut, kegiatan lomba dayung perahu naga ini dilaksanakan selama 2 hari di mulai pada hari Sabtu hingga Minggu (18-19 November 2023).

"Total peserta sebanyak 29 dari kecamatan yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Hanya Kecamatan Kahayan Kuala dan Maliku saja yang tidak mengirimkan peserta untuk mengikuti lomba dayung ini," ucapnya.

Ia mengatakan, atas terselenggaranya kegiatan ini pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab melalui KONI Pulang Pisau, Bank Kalteng Cabang Pulang Pisau, para sponsor seperti Askrida, Jamkrida Kalteng, Askrindo, Bina Arya Persada, dan PT Keluarga Mandiri Borneo serta sumber lainnya yang bersifat tidak mengikat.

"Ke depan kami akan lebih memaksimalkan lagi lomba dayung ini, agar lebih meriah dan tentu menjadi harapkan terbaik bagi Pemkab Pulang Pisau untuk membuka jalus destinasi wisata," katanya.[manan]

Lebih baru Lebih lama