Bersama Forum PUSPA, DP3APPKB Kalteng Salurkan Bantuan Kewirausahaan Perempuan dan Anak

Bersama Forum PUSPA, DP3APPKB Kalteng Salurkan Bantuan Kewirausahaan Perempuan dan Anak

PENYALURAN bantuan kepada pelajar.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) memberikan bantuan Kewirausahaan Perempuan dan Anak, Jumat (24/11/2023) di Balai Desa Bukit Liti, Kabupaten Pulang Pisau. 

Kepala Dinas P3APPKB Linae Victoria Aden menuturkan bahwa bantuan ini diberikan untuk membantu ibu-ibu atau perempuan yang melakukan kewirausahaan menjadi lebih bersamangat dalam menjalankan usahanya, dengan berkolabarasi dengan Forum PUSPA yang ditujukan untuk pemberdayaan perempuan dalam mewujudkan ketahanan keluarga dengan Hapakat dalam membangun Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Provinsi Kalteng.

"Kita tahu Desa Bukit Liti adalah desa pertama yang dipilih sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Provinsi Kalimantan Tengah, dan diharapkan dapat menjadi awal mula yang baik untuk desa-desa lainnya, serta menjadi motivasi tersendiri menjadi DRPPA selanjutnya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Forum III PUSPA Kalteng Lili Hadianie menyalurkan bantuan berupa paket peralatan kewirausahaan yang diterima oleh ibu rumah tangga di Desa Bukit Liti, tujuannya agar kesejahteraan kalangan perempuan di desa setempat meningkat dari sebelumnya.

"Dengan diberikannya bantuan ini, saya berharap mampu menjadikan motivasi untuk para ibu rumah tangga yang memiliki UMKM bisa menjadi bersemangat, serta membantu dalam ketahanan keluarga yang lebih layak dan menjadi faktor pencegahan stunting. Kami juga berharap, untuk seterusnya mampu memberikan pelatihan kewirausahaan kepada ibu rumah tangga lainnya yang ingin merintis usaha," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bukit Liti, Heri Tuah menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan kepedulian DP3APPKB serta Forum PUSPA. 

"Saya berharap hal ini bisa menambah semangat para penerima bantuan untuk bekerja dan berwirausaha lebih giat lagi," tandasnya.

Adapun bantuan ini diberikan kepada dua puluh Ibu Rumah Tangga yang terdaftar sudah memilki UMKM rumahan. Paket bantuan tersebut berisi panci (dandang), termos nasi, panci kecil, oven, mixer, dan Baking Pan. Selain itu, juga ada empat puluh paket alat tulis yang diberikan untuk pelajar tingkat SD dan SMP di Desa Bukit Liti.[adv]

Lebih baru Lebih lama