Diikuti Ratusan Pendekar, Kejuaraan Pencak Silat Gubernur Kalteng Cup besok Dimulai

Diikuti Ratusan Pendekar, Kejuaraan Pencak Silat Gubernur Kalteng Cup besok Dimulai

SUASANA technical meeting.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sebanyak 331 pendekar silat dari ratusan perguruan silat yang tersebar di  13 Kabupaten dan 1 Kota di Kalimantan Tengah (Kalteng) akan mengikuti dan bertanding di turnamen "Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat se Kalteng".

Kompetisi para pendekar silat ini akan dilaksanakan di Gor Indor Serbaguna Jalan Tjilik Riwut Kota Palangka Raya yang dilaksanakan dari tanggal 15 hingga 19 November 2023.

Ketua Panitia Pelaksana, Adi Nur Fajar mengungkapkan bahwa besok, Kamis (16/11/2023) sudah mulai bertanding. Dimana hari ini, Rabu (15/11/2023) panitia pelaksana, Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Kalteng melaksanakan technical meeting yang dihadiri ratusan peserta.

"Hari ini dilaksanakan technical meeting peserta di Gor Indoor. Besok sudah mulai bertanding, Gubernur Cup Pencak Silat ini selain untuk meningkatkan kualitas para atlet juga menjaring para atlet atlet untuk nantinya membawa nama Kalimantan Tengah Kalteng untuk lebih baik lagi," kata Adi Nur Fajar disela sela technical meeting.

Adi mengatakan, kejuaraan silat tersebut atas dorongan Gubenur Kalteng Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Edy Pratowonagar semua cabang olahraga bisa melaksanakn kejuaraan besar secara bertahap.

Hal itu dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas atlet dan regenerasi atlet berkesinambungan di semua cabor agar jangan terhenti.

"Pendaftaran gratis dan bakal dihadiri ramai penonton yang menyaksikan pertandingan seru ini, apalagi Bapak Gubernur memberikan apresiasi yang luar biasa untuk pembinaan bagi pemenang dengan total hadiah Rp330 juta," bebernya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kalteng, Guntur Telajan mengatakan bahwa kejuaraan pencak silat se Kalteng memperebutkan Piala Gubenur  mempertandingan dua kategori, yakni kelas tanding dan kelas seni.

"Paserta laga tanding 260 pendekar dan festival seni diikuti  71 pendekar," ungkapnya.

Dikatakan Guntur, sebenarnya target panitia hanya 240 paserta saja baik kelas laga dan seni, namun dengan antusiasme peserta sehingga melebihi kouta dan juga peserta. 

"Ini luar biasa, sebelum pelaksanaan Gubernur Cup Pencak Silat, Pengprov IPSI Kalteng lebih dahulu melakukan penyegaraan wasit dan pelatih. Ada 40 wasit termasuk pelatih ditatar diberikan penyegaran agar ilmu atau SDM-nya meningkat," tukasnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama