Disbudpar Kalteng Gelar Sosialisasi Pendaftaran Registrasi Angkutan Sungai dan Danau untuk Berwisata

Disbudpar Kalteng Gelar Sosialisasi Pendaftaran Registrasi Angkutan Sungai dan Danau untuk Berwisata

SUASANA sosialisasi pendaftaran serta registrasi angkutan sungai dan danau untuk berwisata.| foto : istimewa

PANGKALAN BUN - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu bekerja sama dengan Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalimantan Tengah (Kalteng) dan PT Jasa Raharja melakukan Sosialisasi Pendaftaran serta Registrasi Angkutan Sungai dan Danau untuk berwisata, berlangsung di Aula Kelurahan Kumai Hulu Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (23/11/2023).

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Disbudpar Provinsi Kalteng Adi Riswandi, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kalteng Agus Gunadi, DPMPTSP Provinsi Kalteng Deby Selvyanti serta dari Jasa Raharja Mangandar Doloksaribu.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata pada Disbudpar Provinsi Kalteng Adi Riswandi menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi itu difokuskan pada pembahasan terkait kelengkapan operasional yang harus dimiliki kapal susur sungai, terutama yang melayani wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting.

"Setiap pelaku usaha harus memahami persyaratan ijin angkutan sungai dan danau untuk wisata sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perijinan Berusaha Berbasis Resiko. Sehingga dengan sosialisasi ini diharapkan seluruh kapal susur sungai terdaftar dalam aplikasi oss.go.id dan mengantongi sertifikat standar usaha bidang pariwisata," tuturnya.

Terpisah, Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah inisiasi Disbudpar.

"Ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan keamanan bagi setiap pengunjung yang berwisata menikmati keindahan alam Taman Nasional Tanjung Puting, sehingga menjadi destinasi unggulan berkualitas Provinsi Kalimantan Tengah," tutupnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama