Disdukcapil Tanah Bumbu Launching Inovasi Si Petir

Disdukcapil Tanah Bumbu Launching Inovasi Si Petir

BATULICIN — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanah Bumbu melaunching dan mensosialisasikan serta In House Training (IHT) inovasi Si Petir (Sistem Pelayanan Terintegrasi) di Ruang Rapat setempat, Kamis (23/11/2023).

Inovasi Si Petir dilaunching secara langsung oleh Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi yang bertujuan untuk optimalisasi pelayanan pendaftaran penduduk cukup melalui aplikasi dengan membuka lapak-lapak kerjasama di berbagai pelayanan publik.

Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi mengucapkan terima kasih kepada para pihak perwakilan dari desa yang sudah berhadir dan sudah menerima inovasi tersebut untuk di implementasikan kepada masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan tim akan selalu melakukan pengembangan dan elaborasi  untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dan melengkapi administrasi dokumen kependudukannya secara digital atau tanpa berhadir langsung ke kantor.

Disamping itu, Kepala Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Muhammad Hasan yang merupakan pelopor inovasi Si Petir mengatakan dengan hadirnya aplikasi ini, jadi diharapkan pelayanan adminduk akan selalu hadir di setiap pelayanan publik.

Sehingga prosentase kuantitas dan kualitas pelayanan adminduk bisa meningkat, pelayanan lebih tersistem dan terintegrasi dengan adanya pelayanan secara online.

Layanan ini akan tersedia di beberapa pelayanan publik seperti RSUD Tanah Bumbu sebagai pilot project, Rumah Sakit Marina, Puskesmas, Klinik, Desa dan Kelurahan yang dapat menerbitkan dokumen KK, KTP, KIA dan Akta.

Adapun caranya yakni masyarakat cukup datang ke kantor pelayanan publik,kemudian persyaratan akan diunggah secara online oleh operator yang selanjutnya menunggu verifikasi dan penerbitan dokumen di Disdukcapil. 

Setelah dokumen terbit akan dikirim berupa file PDF melalui email atau WhatsApp kantor pelayanan publik yang bersangkutan, tetapi khusus untuk KTP el dan KIA akan dikirim ke alamat tujuan oleh kurir JNT secara gratis.[ade]

Lebih baru Lebih lama