Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau Gelar Rapat Persiapan Pasar Penyeimbang Natal 2023

Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau Gelar Rapat Persiapan Pasar Penyeimbang Natal 2023

PULANG PISAU - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), bakal menggelar pasar penyeimbang dalam rangka menekan laju inflasi menjelang Natal Tahun 2023.

Itu disampaikan Kadisperindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya melalui Kabid Perdagangan Rianti Miasi, usai menggelar rapat awal pelaksanaan di ruang Kadisperindagkop Pulang Pisau, Rabu (15/11/2023).

"Kita sudah menggelar rapat untuk persiapan pelaksanaan pasar murah bersama sejumlah pihak. Nanti pelaksanaannya ada 10 titik tersebar di 4 kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau, yakni Kecamatan Kahayan Hilir, Jabiren Raya, Kahayan Tengah, dan Banama Tingang," katanya.

Rianti menyebut, untuk Kecamatan Kahayan Hilir ada 4 titik yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2023 di GPU Handep Hapakat, Kelurahan Bereng, Desa Anjir Pulang Pisau, dan Desa Buntoi.

Selanjutnya, Kecamatan Jabiren Raya dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2023 di 2 titik yang dipusatkan di Desa Sakakajang dan Desa Jabiren. Untung Desa Sakakajang meliputi  (Desa Garung, Simpur, dan Henda) dan Desa Jabiren meliputi (Desa Jabiren, Nusa, dan Taruna).

Kemudian lagi, lanjut Rianti, Kecamatan Kahayan Tengah pada tanggal 9 Desember 2023 di Desa Bukit Rawi dan Pamarunan. 

Sedangkan untuk Kecamatan Banama Tingang dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2023 di Desa Lawang Uru dan Bawan.

"Sebagai penyedia bahan pokok pasar penyeimbang, selain pihak Bulog juga melibatkan stakeholder lainnya, seperti PT Bank Kalteng, PT. PT Saconk, PT Freddy Sinan S, PT Kahayan Kuala, PT Sawang Hambawang, PT Alfredo Arka Bersama penyedia gas LPG 3 Kg, PT Indomarco dan PT Indofood," bebernya.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakan pasar penyeimbang ini mampu menekan inflasi saat menjelang hari besar keagamaan, khususnya menjelang Hari Natal 2023.

"Kami dari Disperindagkop Pulpis mengucapkan terimakasih kepada seluruh piha, sehingga telah dirapatkan jadwal pelaksanaan pasar penyeimbang di daerah kita pada Desember nanti," ucapnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama