Maknai HUT ke-78, TNI Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan

Maknai HUT ke-78, TNI Gelar Gerakan Nasional Ketahanan Pangan

KOTABARU - Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 yang digelar secara serentak di 384 titik di seluruh Indonesia menandai peringatan HUT ke-78 TNI. Untuk di Kabupaten Kotabaru, kegiatan via video conference ini dipusatkan di tambak ikan Lanal Kotabaru, Rabu (1/11/2023).

Tampak hadir Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Hapsoro A.P, S.H.,M.PM.,CHRMP, Sekda Kotabaru Said Akhmad, Kasdim 1004/kotabaru, Danpos TNI-AU Bandara GSA Kotabaru, Wakapolres Kotabaru, perwakilan PN Kotabaru, perwakilan Kejari Kotabaru, perwakilan Kemenag Kotabaru, SKPD terkait, Ketua Jalasenastri Lanal Kotabaru, serta jajaran Perwira Lanal Kotabaru.

Dalam amanatnya, Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan, tujuan dari Gerakan Nasional Ketahanan Pangan merupakan salah satu wujud kegiatan TNI Angkatan Laut dalam pembinaan potensi maritim Angkatan Laut dengan tujuan untuk membantu pemerintah guna meningkatkan ketahanan pangan serta terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat dengan memanfaatkan lahan tidur atau lahan kosong dalam program Ketahanan Pangan.

Lebih lanjut Laksamana Yudo Margono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin soliditas dengan berbagai komponen bangsa guna mewujudkan sinergitas dalam kesemestaan yang hasilnya dapat membawa manfaat dan kesejahteraan bagi warga masyarakat serta meningkatkan citra positif Tentara Nasional Indonesia.

Sementara itu, Danlanal Hapsoro menyampaikan, kegiatan ini dicanangkan untuk melaksanakan tantangan dari Panglima TNI untuk program Ketahanan Pangan

"Sebetulnya kegiatan ini sudah berjalan cukup lama, salah satunya dengan melaksanakan pembuatan tambak pada musim panas, yang mana dalam pemeliharaannya paling mudah dan gampang perawatannya adalah tambak kolam ikan," ucapnya.

Selain itu, Ia juga memanfaatkan lahan yang ada di daerah Mako Lanal Kotabaru sebanyak 30 hektare, dan alhamdulillah saat ini 10 sampai 15 hektare yang sudah dipergunakan sebagai lahan tambak ikan maupun udang.

Pihaknya dibantu beberapa perusahaan swasta dan pemerintah daerah serta Dinas terkait dalam membangun dan mengelola pembuatan tambak tersebut.

Kini Lanal Kotabaru sudah bekerja sama dengan Dinas Perikanan serta beberapa perusahaan swasta, dan kita juga baru belajar terkait pengembangan, untuk mengembangkan bibit udang dan di sini hanya menyiapkan lahan dan tempatnya saja.

"Kami berharap dalam kegiatan ini agar bisa ikut mendukung program pemerintah terutama program-program daerah masalah Ketahanan Pangan, dan bisa mendukung dari ikan setidaknya kita mengurangi beban dari kebutuhan masyarakat terkait pangan," pungkasnya.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama