Pemkab Pulang Pisau Salurkan Bantuan 3,2 ton Beras di Tiga Desa di Sebangau Kuala

Pemkab Pulang Pisau Salurkan Bantuan 3,2 ton Beras di Tiga Desa di Sebangau Kuala

PULANG PISAU - Sebanyak 3,2 ton beras dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau disalurkan di tiga desa di wilayah Kecamatan Sebangau Kuala, Senin (27/11/2023) di aula kantor kecamatan setempat.

Penyaluran bantuan beras dalam rangka penanganan dan pengendalian Inflasi ini dengan rincian Desa Sebangau Mulya mendapat bantuan beras sebanyak 1,3 ton, Desa Paduran Mulya 1,3 ton dan Desa Sebangau Jaya 0,6 ton.

"Penyaluran beras pemerintah daerah pada tahap II ini dengan total penyaluran sebesar 10,63 ton, dan untuk Kecamatan Sebangau mendapatkan kuota sebanyak 3,2 ton, terbagi di tiga desa," kata Pj Bupati saat menghadiri kegiatan tersebut.

Ia menyebut, penyaluran bantuan ini merupakan rangkaian penanganan daerah rawan pangan berdasarkan peta ketahanan dan kerentanan pangan tahun 2022 lalu, yang disusun oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan berkolaborasi dengan dinas-dinas terkait lainnya. 

"Tujuannya sendiri untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, stabilisasi pasokan dan harga pangan sekaligus meningkatkan efisiensi pasokan pangan dari sentra produksi pangan ke wilayah non sentra produksi," tuturnya.

Pj Bupati mengungkapkan, hingga akhir November 2023 ini harga sebagian besar bahan pokok menunjukkan kenaikan harga, terutama komoditas beras, minyak goreng, dan gula pasir. 

Dengan itu, lanjutnya, menunjukan tren kenaikan dan tentu rawan akan terjadi inflasi. Sehingga, terkait peningkatkan beberapa harga bahan pokok tersebut akan menjadi perhatian dan akan terus dijaga agar tidak naik serta tetap stabil hingga akhir tahun 2023 dan seterusnya tidak mengalami kenaikan.

"Jadi kita harapkan pemerintah dapat mengupayakan langkah-langkah antisipasi secara dini dan terkoordinasi melalui kebijakan yang tepat, sehingga tidak terjadi gejolak dimasyarakat," pintanya.[manan]

Lebih baru Lebih lama