Pentingnya e-Walidata Disosialisasikan, Ini Tujuannya

Pentingnya e-Walidata Disosialisasikan, Ini Tujuannya

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi), menggelar sosialisasi e-Walidata dan Finalisasi Data Statistik Sektoral tahun 2023.

Sosialisasi berlangsung di Aula Mess Pemda Pulang Pisau, Jumat (24/11/2023). Diikuti puluhan Kepala OPD/mewakili dan pegawai pengelola data di lingkungan Pemkab setempat. 

Asisten III Setda Pulang Pisau Bidang Administrasi Umum, Andriani membacakan sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau Tony Harisinta mengatakan, memasuki era digital dan keterbukaan informasi publik, data memiliki fungsi strategis selain sebagai dasar suatu perencanaan dan membuat keputusan juga sebagai alat pengendali serta evaluasi terhadap pelaksanaan suatu pembangunan. 

"Data ini tentu untuk mendukung pembangunan daerah, sehingga diperlukan sinergi antara OPD sebagai penyedia atau produsen data yang merupakan sumber daya statistik sektoral," katanya.

Dari itu, diharapkan kesadaran dan partisipasi aktif dari seluruh OPD dalam penyediaan data sektoral, dan data tersebut nantinya akan diinput melalui e-Walidata yang akan dikelola oleh OPD masing-masing dan selanjutnya diteruskan ke Diskominfo sebagai Walidata.

"Artinya sebelum data tersebut dipublikasikan, maka perlu dilakukan sinkronisasi serta finalisasi   untuk menyamakan persepsi, agar data yang di hasilkan merupakan data yang final dan siap dibagi pakaikan," ujar Andriani.

Ia mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, dimana kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagi pakaikan antar instansi pusat ke instansi daerah melalui standar data.

"Karena dengan adanya data sektoral yang akurat dan berkualitas yang bermuara kepada Satu Data, maka pembangunan akan lebih terarah. Inilah mengapa satu data sangat penting, karena akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan pemerintah dalam mengambil suatu keputusan dan kebijakan," paparnya sembari menutup sambutan Sekda Pulang Pisau.

Sementara dalam laporan Kepala Diskominfostandi Pulang Pisau, Moh Insyafi mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi ini, sebagai wadah komunikasi dan koordinasi antar pembina data, Walidata, dan produsen data.

"Tersedianya data dan informasi tentu untuk mendukung program perencanaan pembangunan daerah yang ada di kabupaten, khususnya Kabupaten Pulang Pisau," katanya.

Lanjut Insyafi, tujuan lainnya untuk menyatukan, memperbaiki dan memasukan data dari OPD selaku produsen data sebagai bahan penyusunan informasi terkait statistik sektoral, baik dalam bentuk infografis maupun dalam bentuk buku statistik.

"Jadi, nantinya akan terhimpun data-data sektoral yang akurat dalam mengelola dan mendata informasi melalui klarifikasi dari masing-masing OPD lingkup Pemkab Pulang Pisau," ujarnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama