Puncak HKAN, Tahawa Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Satwa

Puncak HKAN, Tahawa Ditetapkan Sebagai Desa Ramah Satwa

PULANG PISAU - Puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023, digelar di Taman Wisata Alam Bukit Tangkiling, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (8/11/2023).

Acara puncak peringatan HKAN dihadiri langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya Bakar didampingi Wakil Gubernur H Edy Pratowo.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Pj Bupati Pulang Pisau, Hj Nunu Andriani, dan pada kesempatan yank sama Menteri LHK menetapkan secara resmi Desa Tahawa sebagai salah satu desa di Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau sebagai Desa Ramah Satwa.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menyampaikan dewasa ini fenomena-fenomena alam yang kurang bersahabat kerap menjadi permasalahan bersama. Oleh karenanya, kata Siti Nurbaya pihaknya menyebut dengan tegas berapa pentingnya alam dengan fungsi utamanya, yakni  sebagai sistem penopang kehidupan bagi makhluk hidup sebagai sumber daya bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia.

"Jadi, disini saya tegaskan pentingnya peran generasi muda pada gerakan my green leaders dan green movement dari generasi muda termasuk oleh para kader konservasi", ucap Menteri KLHK," katanya.

Sementara, Pj Bupati Pulang Pisau mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal  (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) yang telah memberikan kepercayaan kepada Desa Tahawa sebagai Desa Ramah Satwa yang sekaligus sebagai tempat pelepasliaran beberapa satwa liar.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pihak KSDAE, karena pihaknya merupakan unsur pelaksana pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang berada di bawah, dan bertanggung jawab kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia," katanya.[manan]

Lebih baru Lebih lama